Langsung ke konten utama

Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 5 dan 6

Pembelajaran 5

 Materi Pembelajaran 5 Bahasa Indonesia KD 3.4 dan 4.4

Iklan Radio

   Tubuh manusia dapat tumbuh karena adanya zat yang berasal dari makanan. Oleh Sebab itu, untuk dapat melangsungkan hidupnya, manusia mutlak memerlukan makanan.Zat yang diperlukan oleh tubuh dan berasal dari makanan itu disebut zat makanan atau zat gizi. Enam macam zat gizi makanan, antara Iain hidrat arang atau karbohidrat, lemak,protein, mineral dan garam-garam, vitamin-vitamin, dan air.

   Makanan sehat adalah makanan yang mengandung gizi seimbang, kaya akan serat dan zat yang dibutuhkan untuk perkembangan tubuh. Artinya, di dalam menu atau susunan hidangan sehari-hari mengandung semua zat gizi yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah yang memenuhi kebutuhan, dan tiap-tiap zat gizi dalam perbandingan yang sesuai atau seimbang satu dengan yang Iainnya. Di samping hal-hal yang menyangkut mutu gizi,makanan sehat harus pula bebas dari kuman-kuman atau zat yang dapat menyebabkan penyakit. Oleh sebab itu, selain mutu gizi, faktor kebersihan makanan perlu pula mendapat perhatian.
   Umumnya masyarakat sekitar belum sadar akan pentingnya makanan sehat dan bergizi. Oleh sebab itu, pemerintah sangat gencar memberikan informasi mengenai makanan sehat dan bergizi. Informasi tersebut disebarkan melalui berbagai sumber. Salah satunyamelalui media elektronik, seperti televisi dan radio.Media elektronik adalah media dengan teknologi elektronik dan hanya bisa digunakan bila ada jasa transmisi siaran.
   Media elektronik mempunyai bermacam-macam bentuk,seperti televisi dan radio. Kedua media elektronik tersebut banyak digunakan untuk keperluan pemasaran berupa promosi atau memperkenalkan produk yang mereka tawarkan kepada konsumen.
   Televisi memiliki berbagai keunggulan yang dapat dipertimbangkan untuk mempromosikan sebuah produk. Televisi bersifat audio, visual, dan motion. Formatnya Sangat fleksibel, jangkauannya jauh, sangat menarik perhatian, dan menimbulkan dampak yang kuat. Selain mempunyai keunggulan-keunggulan, media televisi juga memiliki kelemahan, yaitu biayanya mahal, banyak gangguan, dan penayangan terlalu cepat. 


   Seperti pada media televisi, radio sebagai sarana untuk mempromosikan barang juga memiliki kelemahan dan kelebihan. Radio merupakan media massa, pembuatan iklan di radio tidak memakan biaya yang mahal, dan lebih fleksibel. Kelemahan iklan di radio, antara Iain radio hanya menyajikan suara dan biasanya disuarakan dengan sangat cepat.



Materi Pembelajaran IPA KD 3.3 dan 4.3

Poster Gangguan Pencernaan Manusia

 


  Sistem pencernaan pada manusia terdiri atas saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan. Saluran pencernaan berfungsi untuk mengubah bahan makanan secara mekanik serta mengangkut bahan tersebut. Kelenjar pencernaan berfungsi untuk menghasilkan enzim yang penting untuk pencernaan secara kimia. Dengan proses pencernaan secara mekanik dan kimiawi tersebut, akhirnya dihasilkan zat makanan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.
   Sistem pencernaan juga dapat mengalami gangguan. Pernahkah kamu mengalami diare? Diare adalah buang air besar dengan tinja encer atau berair dengan frekuensi lebih sering dari biasanya (normalnya). Oleh karena itu, orang yang mengalami diare akan lebih sering ke toilet untuk buang air besar dengan volume tinja yang lebih banyak dari biasanya. Tanda dan gejala yang biasanya menyertai penyakit diare, antara lain buang air besar encer dan sering kram perut, nyeri perut, demam, adanya darah dalam tinja,dan perut kembung. Diare dapat menjadi gejala penyakit yang lebih serius, seperti disentri dan kolera.
   Gejala yang biasanya ditemukan adalah buang air besar terus-menerus disertai rasa mulas yang berkepanjangan, dehidrasi, mual, dan muntah. Pemberian cairan dan elektrolit (seperti larutan garam) akan sangat membantu memulihkan keadaan tubuh yang kekurangan cairan dan elektrolit. Minum cairan oralit merupakan cara pengobatan yang paling efektif terhadap gejala diare. Larutan oralit mampu mencegah timbulnya dehidrasi.Oralit merupakan larutan yang sangat penting bagi penderita diare, Larutan ini berfungsi untuk mencegah dehidrasi atau kekurangan air dan mineral. Dehidrasi yang terjadi pada penderita diare akan sangat berbahaya karena dapat memperparah keadaan bahkan hingga menyebabkan kematian.
   Diare sangat berbahaya jika menyerang anak-anak. Oleh sebab itu, pengetahuan tentang penyakit diare harus disebarkan pada mâsyarakat luas. Penyebaran pengetahuan dapat dilakukan dengan membuat poster. Poster, pengumuman yang umumnya memadukan antara gambar dan kata-kata yang biasanya dijumpai ditempat-tempat umum seperti sekolah dan tempat-tempat umum lainnya, Poster seharusnya dibuat dengan pesan singkat, jelas, dan padat. Beberapa ciri sebuah poster antara lain sebagai berikut.
Poster merupakan sebuah karya seni grafis yang memadukan unsur gambar dan kata-kata yang dibuat di atas kertas yang ukurannya relatif besar dengan tujuan agar lebih mudah dibaca oleh siswa di sekolah.
Poster biasanya dibuat dengan tambahan unsur-unsur warna terang yang kontras,hal ini dimaksud agar menarik perhatian siswa untuk membaca pesan yang ada di dalam poster tersebut.
Bahasa yang digunakan dalam poster yang relatif singkat, jelas, dan padat. Ini Dimaksud agar pembaca dapat mencerna isi pesan tersebut dalam waktu yang relatif singkat
Poster yang biasanya kita jumpai disertai dengan gambar yang menarik seperti desain yang menarik.
Poster dapat dibaca sambil lalu, hal ini menjadi jawaban mengapa poster dibuat dengan singkat dan jelas, karena agar dibaca cepat sambil lalu.


Pembelajaran 6

 
Materi Pembelajaran PPKN KD 3.3 dan 4.3

 

   Indonesia merupakan negara kepulauan yang penuh dengan kekayaan serta keragaman budaya, ras, suku bangsa, kepercayaan, agama, bahasa daerah, dan masih banyak lainnya. Meskipun penuh dengan keragaman budaya, Indonesia tetap satu sesuai dengan semboyannya, Bhinneka Tunggal Ika yang artinya "meskipun berbeda-beda tetapi tetap satu jua". Keragaman budaya turut serta didukung oleh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terpisah wilayah-wilayahnya oleh lautan.
   Keragaman merupakan suatu kondisi pada kehidupan masyarakat. Perbedaan seperti itu ada pada suku bangsa, agama, ras, serta budaya. Keragaman yang ada di Indonesia Adalah kekayaan dan keindahan bangsa Indonesia. Pemerintah harus bisa mendorong keberagaman tersebut menjadi suatu kekuatan untuk bisa mewujudkan persatuan dan kesatuan nasional menuju Indonesia yang lebih baik.

Bacalah teks bacaan di bawah ini!

Tradisi Grebeg Maulud 


   Grebeg atau grebeg adalah acara budaya yang rutin diadakan oleh KeratonKasultanan Yogyakarta setiap Bulan Rabiul Awal penanggalan Hijriyah. Sesuai namanya,Maulud yang berarti hari lahir, acara ini diadakan untuk memperingati kelahiran NabiMuhammad saw. Dalam rangkaian acara ini diarak tujuh gunungan besar yang terdiri atas buah-buahan sena hasil panen lainnya. Hal ini dimaksudkan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa atas kelimpahan hasil-bumi yang telah diberikan,serta bentuk sedekah raja kepada rakyatnya. Tujuh gunungan tersebut terdiri atas tiga gunungan kakung (laki-laki), satu gunungan putri (perempuan), gunungan gepak (pekat),satu gunungan pawuhan (pembuangan sampah), dan satu gunungan dharat (tanah).
   Perayaan grebeg diawali dengan upacara pemberangkatan dari pergelaran Keraton Yogyakarta. Acara biasanya dimulai sekitar pukul 10 pagi. Setelah acara pembukaan dan doa selesai, maka iring-iringån pun mulai berjalan keluar keraton. Mula-mula diawali olehbarisan prajurit lombok arang, kernudian abdi dalem, dan disusul gunungan-gunungan besar yang dibawa oleh beberapa orang. Ketujuh gunungan tersebut dikawal oleh 12 bregodo (regu prajurit keraton). Gunungan-gunungan tersebut akan dibagi menuju tiga lokasi, yaitu Masjid Gede Kauman, Puro Pakualaman, serta Kantor Kepatihan. Dalam Perjalanan keluar dari keraton, panitia harus bersusah payah menerobos lautan manusia untuk membuka jalan dikarenakan acara grabeg ini selalu menarik ribuan pengunjung untuk datang menyaksikan acara secara langsung, terutama di kawasan keraton dan alun-alun utara. Walaupun panas sangat terik, masyarakat rela berdesak-desakan untuk menyaksikannya.
   Setelah gunungan tiba di Masjid Gede Kauman, Puro Pakualaman, maupun kepatihan,maka akan dilakukan ritual doa. Hal ini untuk menunjukkan rasa syukur dan kerendahan manusia dihadapan Yang Maha Agung. Segera setelah doa selesai, maka gunungantersebut akan langsung diserbu warga untuk mengambil hasil bumi yang terdapat pada gunungan. Dalam hitungan menit, gunungan akan habis dan tinggal menyisakan rangka bambu. Sebagian warga masih percaya bahwa jika mendapat sesuatu dari gunung tersebut, maka akan membawa keberkahan bagi kehidupannya.




Materi Pembelajaran SBDP KD 3.3 dan 4.3

Tari Pendet



   Masyarakat Bali mayoritas beragama Hindu. Pemeluk agama Hindu sangat percaya adanya roh halus dan jahat serta alam yang mengandung kekuatan magis. Untukmengimbangi dan menetralkan keadaan tersebut masyarakat mengadakan upacara yang dilengkapi dengan tari-tarian yang bersifat religius. Salah satu dari sekian banyak tarian religius yang ada pada masyarakat Bali adalah tari pendet.

   Tari pendet pada awalnya merupakan tari pemujaan yang banyak diperagakan di pura,tempat ibadat umat Hindu di Bali, Indonesia. Tarian ini melambangkan penyambutan atas turunnya dewata ke alam dunia. Lambat-laun, seiring perkembangan zaman, para seniman Bali mengubah pendet menjadi "ucapan selamat datang" meski tetap mengandung unsur yang sakral-religius. Pencipta atau koreografer bentuk modern tari ini adalah I Wayan Rindi.
  Pendet merupakan pernyataan dari sebuah persembahan dalam bentuk tarian upacara.Tidak seperti halnya tarian-tarian pertunjukan yang memerlukan pelatihan 'intensif, pendet dapat ditarikan oleh semua orang, pria dan wanita, dewasa maupun anak-anak.
   Tarian ini diajarkan sekadar dengan mengikuti gerakan dan jarang dilakukan di banjar-banjar. Para gadis muda mengikuti gerakan dari' para wanita yang lebih senior yang mengerti tanggung jawab mereka dalam memberikan contoh yang baik.
   Tari putri ini memiliki pola gerak Yang lebih dinamis daripada tari rejang yang dibawakan secara berkelompok atau berpasangan. Biasanya ditampilkan setelah tari rejang di halaman pura dan biasanya menghadap ke arah suci (pe/inggih) dengan mengenakan pakaian upacara dan masing-masing penari membawa sangku, kendi, cawan, danperlengkapan sesajen lainnya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2

   Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia KD 3.2 dan 4.2    Gambar Cerita Gambar cerita adalah gambar yang menceritakan suatu adegan atau peristiwa. Fungsi dari gambar cerita adalah memperjelas alur atau isi cerita, memperjelas isi pesan dalam promosi suatu barang, menarik perhatian, menambah nilai artistik/keindahan dan sarana untuk mengungkapkan perasaan penggambarnya. Gambar cerita sering juga ditemukan dalam buku cerita, majalah, dan buku pelajaran. Poster dan brosur juga sering disertaígambar cerita agar menarik. Petunjuk cara penggunaan barang pun sering dilengkapi dengan gambar cerita untuk membantu pengguna menggunakannya. Fungsi gambar cerita, antara lain: 1. memperjelas alur atau isi cerita; 2. memperjelas isi pesan dalam promosi suatu barang; 3. menarik perhatian; 4. menambah nilai artistik/ keindahan; 5. sarana untuk mengungkapkan perasaan penggambarnya. Ciri-ciri gambar cerita sebagai berikut. 1. Memudahkan pembaca dalam memahami suatu penjelasan atau cerita. 2. Memberikan g

Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 3 ( 2 )

  Bahasa Indonesia KD 3.1 dan 4.1 Ide Pokok dalam Gambar Bercerita Gambar Bercerita Untuk menentukan ide pokok pada gambar cerita, kita harus memperhatikan gambar dengan teliti. Ketika kita mengamati gambar, kita dapat mengidentifikasi siapa tokoh dalam gambar tersebut, aktivitas apa yang dilakukan, dimana lokasi peristiwa dalam gambar tersebut, dan bagaimana pemandangan atau suasana gambar tersebut. Setelah mengamati kita dapat menentukan ide pokok gambar tersebut berdasarkan informasi penting yang telah kita identifikasi.    Langkah berikutnya adalah kita menulisnya dalam sebuah tabel mulai dari gambar pertama sampai dengan gambar terakhir. Menyajikan ide pokok juga dapat dalam bentuk diagram.  Tabel Ide Pokok Setelah ide pokok berhasil kita tentukan, kita dapat mengembangkannya menjadi sebuah cerita pendek. Langkah-langkah membuat cerita pendek dari gambar adalah sebagai berikut: Menentukan ide pokok. Membuat kalimat utama. Menjabarkan kalimat utama menggunakan beberapa

Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 2

 MATERI IPA KD 3.1 DAN 4.1 Simaklah Video Pembelajaran Berikut! Alat Gerak Manusia Tangan kita dapat bergerak karena terdapat tulang dan otot. Tulang dan otot manusia akan bekerja sama dalam melakukan pergerakan sehingga membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak. Alat gerak manusia dibedakan menjadi dua yaitu alat gerak pasif dan alat gerak aktif. 1. Alat Gerak Pasif Alat gerak pasif pada manusia adalah tulang. Kumpulan tulang-tulang manusia yang menjadi satu kesatuan membentuk tubuh disebut sistem rangka.  Fungsi rangka manusia adalah: Membentuk tubuh. Tempat melekatnya otot. Menopang dan menegakkan tubuh. Melindungi organ tubuh. Sebagai alat gerak. Berdasarkan bentuknya, tulang dibedakan menjadi 3. yaitu a. Tulang Pipa Tulang pipa bentuknya bulat, panjang, dan berongga. Contoh: tulang paha, tulang lengan atas, dan tulang jari tangan. b. Tulang Pipih Tulang pipih bentuknya pipih atau gepeng. Contoh: tulang belikat, tulang selangka, dan tulang rusuk. c. Tulang Pendek Tulang pend