Langsung ke konten utama

Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 4

 

Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia KD 3.2 dan 4.2.

 

Bacalah cerpen berikut ini!

 

 

 

 Pedagang Garam dan Keledai

 

Di sebuah desa ada seorang pedagang garam. la setiap hari membeli garam dari kota terdekat lalu menjualnya di kota Sain. Si pedagang garam ini mempunyai seekor keledai yang ditugaskan untuk membawa muatan garam di punggungnya. Si pedagang garam dan keledai setiap harinya harus melewati sungai kecil untuk menjual garam.

Selama perjalanan, si pedagang dan keledai selalu melewati sungai tanpa terjatuh.Namun, pada suatu hari, ketika melewati sungai, secara tidak sengaja keledai milik si pedagang terpeleset sehingga jatuh ke dalam sungai. Sebagian garam kemudian jatuh berhamburan ke dalam sungai. Ketika si keledai mencoba berdiri, ia kemudian merasakan punggungnya terasa lebih ringan karena muatannya berkurang. Keledai itu pun merasa gembira karena perjalanannya menjadi lebih enteng.

Sejak saat itu, setiap kali melewati sungai, si keledai selalu membiarkan dirinya secara sengaja untuk terjatuh ke dalam sungai. Si keledai ini melakukannya berkali-kali sampai si pedagang garam ini merasa curiga. Pada suatu hari, tanpa sepengetahuan keledainya, si pedagang garam ini membeli beberapa bungkus kapas,lalu meletakkannya di punggung keledai. Si keledai kali ini merasa muatannya lebih ringan dari biasanya, Akan tetapi, ia tetap berpikir, "Hari ini, aku akan terpeleset lagi dan muatan di punggungku akan menjadi terasa lebih ringan."

Seperti biasanya, saat melewati sungai, si' keledai membiarkan dirinya terjatuh dengan sengaja ke dalam sungai. Namun, yang terjadi selanjutnya saat si keledai mencoba untuk berdiri, muatan di punggungnya membuat dia -terjatuh lagi. Ternyata,kapas-kapas muatannya itu menyerap air dan membuatnya menjadi lebih berat.

Si pedagang memberikan pukulan keras kepada keledainya agar keleda tersebu tbangkit dan berjalan lagi. Si keledai itu pun terpaksa melanjutkan perjalanan dengan beban lebih berat di punggungnya. Sejak saat itu, keledai tersebut tidak pernah berani lagi secara sengaja terjatuh ke dalam sungai.
 


 

 

Materi Pembelajaran PPKN KD.3.2 dan 4.2

 

Kamu telah membaca cerpen "Pedagang Garam dan Keledainya". Kamu telah memahami pentingnya sebuah tanggung jawab. Apa yang dimaksud dengan tanggungjawab? Simak materi berikut dengan baik. 

 

Tanggung Jawab 

 

 

Tanggung jawab adalah sebuah perbuatan yang dilakukan oleh setiap individuyang berdasarkan atas kewajiban maupun panggilan hati seseorang. Yaitu sikap Yang menunjukkan bahwa seseorang tersebut memiliki sifat kepedulian dan kejujuran Yang sangat tinggi. Sikap tanggung jawab sebaiknya diajarkan kepada seseorang ketika masih kanak-kanak atau ketika masih duduk di bangku sekolah. Orang tua dan guru berperan penting dalam melatih anak menjadi pribadi yang bertanggung jawab, karena seperti yang dipahami.


 Adapun ciri-ciri anak yang bertanggung jawab sebagai berikut.

1. Melaksanakan tugas dan kewajiban dengan sungguh-sungguh.

2. Melaksanakan tugas dan kewajiban dengan sadar. Setiap anak memiliki tanggung jawab, baik di rumah, sekolah, maupun masyarakat.


Berikut tanggung jawab anak di rumah.

1.Menuruti perkataan orang tua dan tidak bolehmelawan.

2.Tidak berkata kasar dan menyakiti orang tua.

3.Belajar dengan giat.

4.Merawat anggota keluarga.

5.Melindungi saudara kandungnya.

6.Peduli terhadap keluarga.


Berikut 'tanggung jawab anak di sekolah.

1. Menaati tata tertib di sekolah.

2. Datang dan pulang tepat waktu.

3. Menjaga kebersihan sekolah.

4. Menjaga ketertiban dan keamanan sekolah.

5. Menyelesaikan tugas tepat waktu.

6. Menyelesaikan tugas dengan teliti.


Berikut tanggung jawab anak di masyarakat.

1. Menjaga kebersihan dan ketertiban lingkungan.

2. Aktif dalam kegiatan masyarakat.


Adapun keuntungan orang yang bertanggung jawab sebagai berikut.

1. Hatinya tenang.

2. Tercipta kedamaian.

3. Tercipta kerukunan.

4. Disenangi teman.

5. Mendapat kebahagiaan di akhirat.



 

 

Materi Pembelajaran IPS KD.3.3 dan 4.3

Cerpen tentang "Pedagang Garam dan Keledai" telah mengajari kita akan pentingnyasebuah tanggung jawab. Cerpen tersebut mengisahkan seorang pedagang garamyang setiap hari membeli garam dari kota terdekat lalu menjualnya di kota Iain. Usaha yang dilakukan pedagang garam merupakan salah satu contoh kegiatan ekonomi yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga. Supaya lebih jelasnya, bacalah materi berikut.

 


Pengaruh Kegiatan Ekonomi terhadap Kesejahteraan Masyarakat Sumber daya alam yang ada di muka bumi ini dapat dimanfaatkan untuk memenuhikebutuhan hidup manusia. Akan tetapi, tidak semua sumber daya alam dapat langsung digunakan. Pada umumnya, semua bahan tambang harus diolah terlebih dahulu sebelum dipakai. Nah, dalam pengolahan sumber daya alam yang tersedia inilah manusia melakukan kegiatan ekonomi. Ada tiga kegiatan ekonomi yang penting kita pelajariyakni kegiatan menghasilkan barang dan jasa, mendistribusikan barang dan jasa, dan mengonsumsi barang dan jasa. Mari kita bahas ketiga jenis kegiatan ekonomi ini.

1.Produksi
Produksi yaitu kegiatan menambah manfaat (kegunaan) suatu benda. Produksi juga berarti menciptakan benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan. Tujuan dari kegiatan produksi secara umum adalah untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam rangka mencapai kemakmuran. Tujuan khusus kegiatan produksi, yaitu untuk menghasilkan barang dan jasa, mendapatkan keuntungan.

2.Distribusi
Distribusi adalah penyaluran atau penyampaian barang-barang dan jasa dari produsenke konsumen. Tujuan dari distribusi adalah menyampaikan barang atau jasa dari tempat produsen ke tempat pengguna atau pemakai. Pelaku distribusi dapat memperoleh upah ataupun keuntungan dari kegiatan distribusi barang yang dilakukannya.

3.Konsumsi
Konsumsi adalah tindakan menghabiskan atau mengurangi secara berangsur-angsur manfaat suatu barang dalam memenuhi kebutuhan untuk memelihara kelangsungan hidupnya. Tujuan kegiatan konsumsi yaitu untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kegiatan konsumsi juga memiliki fungsi menjaga kelangsungan hidup, memenuhi semua kebutuhan. Ketiga kegiatan ekonomi tersebut, sangat berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat. Semakin maju kegiatan ekonomi dalam suatunegara, berarti semakin lancar juga arus peredaran uang, barang, dan jasa untuk memenuhi kebutuhkan masyarakat.
 


 

 Latihan Pembelajaran 4

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2

   Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia KD 3.2 dan 4.2    Gambar Cerita Gambar cerita adalah gambar yang menceritakan suatu adegan atau peristiwa. Fungsi dari gambar cerita adalah memperjelas alur atau isi cerita, memperjelas isi pesan dalam promosi suatu barang, menarik perhatian, menambah nilai artistik/keindahan dan sarana untuk mengungkapkan perasaan penggambarnya. Gambar cerita sering juga ditemukan dalam buku cerita, majalah, dan buku pelajaran. Poster dan brosur juga sering disertaígambar cerita agar menarik. Petunjuk cara penggunaan barang pun sering dilengkapi dengan gambar cerita untuk membantu pengguna menggunakannya. Fungsi gambar cerita, antara lain: 1. memperjelas alur atau isi cerita; 2. memperjelas isi pesan dalam promosi suatu barang; 3. menarik perhatian; 4. menambah nilai artistik/ keindahan; 5. sarana untuk mengungkapkan perasaan penggambarnya. Ciri-ciri gambar cerita sebagai berikut. 1. Memudahkan pembaca dalam memahami suatu penjelasan atau cerita. 2. Memberikan g

Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 3 ( 2 )

  Bahasa Indonesia KD 3.1 dan 4.1 Ide Pokok dalam Gambar Bercerita Gambar Bercerita Untuk menentukan ide pokok pada gambar cerita, kita harus memperhatikan gambar dengan teliti. Ketika kita mengamati gambar, kita dapat mengidentifikasi siapa tokoh dalam gambar tersebut, aktivitas apa yang dilakukan, dimana lokasi peristiwa dalam gambar tersebut, dan bagaimana pemandangan atau suasana gambar tersebut. Setelah mengamati kita dapat menentukan ide pokok gambar tersebut berdasarkan informasi penting yang telah kita identifikasi.    Langkah berikutnya adalah kita menulisnya dalam sebuah tabel mulai dari gambar pertama sampai dengan gambar terakhir. Menyajikan ide pokok juga dapat dalam bentuk diagram.  Tabel Ide Pokok Setelah ide pokok berhasil kita tentukan, kita dapat mengembangkannya menjadi sebuah cerita pendek. Langkah-langkah membuat cerita pendek dari gambar adalah sebagai berikut: Menentukan ide pokok. Membuat kalimat utama. Menjabarkan kalimat utama menggunakan beberapa

Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 2

 MATERI IPA KD 3.1 DAN 4.1 Simaklah Video Pembelajaran Berikut! Alat Gerak Manusia Tangan kita dapat bergerak karena terdapat tulang dan otot. Tulang dan otot manusia akan bekerja sama dalam melakukan pergerakan sehingga membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak. Alat gerak manusia dibedakan menjadi dua yaitu alat gerak pasif dan alat gerak aktif. 1. Alat Gerak Pasif Alat gerak pasif pada manusia adalah tulang. Kumpulan tulang-tulang manusia yang menjadi satu kesatuan membentuk tubuh disebut sistem rangka.  Fungsi rangka manusia adalah: Membentuk tubuh. Tempat melekatnya otot. Menopang dan menegakkan tubuh. Melindungi organ tubuh. Sebagai alat gerak. Berdasarkan bentuknya, tulang dibedakan menjadi 3. yaitu a. Tulang Pipa Tulang pipa bentuknya bulat, panjang, dan berongga. Contoh: tulang paha, tulang lengan atas, dan tulang jari tangan. b. Tulang Pipih Tulang pipih bentuknya pipih atau gepeng. Contoh: tulang belikat, tulang selangka, dan tulang rusuk. c. Tulang Pendek Tulang pend