Langsung ke konten utama

Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 4

 Materi Pembelajaran IPS KD 3.1 dan 4.1

Pengaruh Geografis terhadap Keragaman Sosial dan Budaya Masyarakat 

 


Karakteristik geografis dan kenampakan alam yang berbeda antara daerah yang satu dan daerah yang Iain berpengaruh pada keragaman sosial dan budaya masyarakat.

Berikut beberapa bentuk keraqaman sosial dan budaya yanq dipengaruhi bentuk kenampakan alam. 

1. Keragaman Sosial 

  1. a. Jenis Pekerjaan 

Jenis-jenis pekerjaan masyarakat Indonesia jika dihubungkan dengan bentuk kenampakan alamnya, yaitu sebaqai berikut. 

  1. 1. Masyarakat Yang tinggal di daerah pegunungan dan dataran tingqi pada umumnya bekerja sebagai petani, poternak, dan pekerja tambang. 

  1. 2. Masyarakat yang tinggal di daerah dataran rendah di sekitar pantai pada umumnya bekerja sebaqai nelayan. 

  1. 3. Masyarakat Yang tinggal di sekitar danau pada umumnya bekerja sebagai petani dan peternak ikan. 

  1. 4. Masyarakat Yang tinggal di daerah sungai pada umumnya bekerja sebagai petani. 

  1. b. Alat Transportasi 

 Jenis alat transportasi yang digunakan Oleh masyarakat dapat dibedakan menjadi alat transportasi darat, alat transportasi air, dan alat transportasi udara. 

  1. 1. Alat transportasi darat, antara Iain kuda, delman, motor, mobil. bus, dan kereta api. 

  1. 2. Alat transportasi air, antara Iain perahu, feri, dan kapal laut. 

  1. 3. Alat transportasi udara, antara Iain pesawat terbang dan helikopter.  

  1. 2. Keragaman Budaya 

Indonesia merupakan salah satu negara dengan budaya yang beragam. Budaya Yang berkembang di Indonesia dapat dipengaruhi Oleh keadaan alam suatu daerah. Bentuk keragaman budaya Yang dipengaruhi oleh keadaan alam, antara Iain jenis rumah adat, pakaian adat, dan makanan tradisional.


a. Rumah Adat 

Berikut beberapa jenis rumah adat yang ada di Indonesia. 

  • Rumah limas di daerah Riau dan Riau Kepulauan. 
  • Rumah julang Ngapak di daerah Jawa Barat dan Banten. 
  • Rumah lamin di daerah Kalimantan Timur. 
  • Rumah tongkonan di daerah Sulawesi Selatan.
  • Rumah Honai di daerah Papua
 

b. Pakaian Adat 

 Pakaian adat juga merupakan salah satu bentuk budaya yang memiliki keragaman.Keragaman itu tidak saja dari bentuknya, tetapi juga dari bahan untuk membuatnya. Pakaian yang dibuat di daerah pegunungan akan menggunakan bahan yang tebal karena daerah tersebut merupakan daerah dingin. Sementara pakaian Yang dibuat di daerah pantai akan menggunakan bahan Yang tipis karena daerah tersebut merupakan daerah panas.


 
 c. Makanan Tradisional 
    Jenis makanan yang dibuat oleh masyarakat sangat bergantung pada bahan dasarnya, sehingga jenis makanan daerah yang satu akan berboda dengan jenis makanan di daerah yang lain. Misalnya, masyarakat yang tinggal di daerah pegunungan akan mengolah makanan yang berasal dari hasil portanian, perkebunan, dan peternakan. Adapun masyarakat yang tinggal di daerah pantai akan mengolah makanan yang berasal dari hasil laut.
 
 
 
 Materi Pembelajaran PPKN KD 3.1 dan 4.1
 
 

Pentingnya Persatuan dalam Keberagaman 

     Bhinneka Tunggal Ika artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika berfungsi untuk menyatukan wilayah Indonesia yang terdiri atas beribu-ribu pulau. Pulau-pulau tersebut merupakan kesatuan wilayah RI yang tidak boleh dipisahpisahkan, meskipun di pulau-pulau tersebut bermukim masyarakat yang memiliki suku bangsa, bahasa, budaya, dan adat-istiadat yang berbeda-beda.
      Ujang, Made, Zaenal, dan Tigor adalah teman sepermainan. Mereka berbeda agama dan suku bangsa. Mereka membantu panitia zakat fitrah di masjid tempat tinggalnya. Kegiatan yang dilakukan adalah untuk membagikan zakat kepada masyarakat. Mereka mengerjakan tugas bersama dan bermain bersama tanpa ada perbedaan. Itu merupakan salah satu contoh pentingnya persamaan dalam perbedaan. Persahabatan yang dilakukan Oleh mereka berempat merupakan salah satu wujud bentuk persatuan. Walaupun mereka berbeda suku bangsa dan agama, namun tidak menghalangi untuk tetap berteman• Keanekaragaman suku bangsa, perbedaan warna kulit ataupun agama bukanlah sesuatu yang harus menyebabkan kita untuk bermusuhan. Perbedaan tersebut akan lebih baik jika dapat digunakan sebagai alat pemersatu bangsa. Dengan persatuan segala bentuk kegiatan akan dapat terselesaikan dengan lebih baik. Seperti pepatah yang berbunyi "bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh". Tahukah kamu, apa arti dan makna pepatah tersebut? Pepatah tersebut artinya dengan bersatu kita menghimpun kekuatan untuk menghadapi ancaman.

Wilayah Indonesia Yang luas terdiri atas suku-suku bangsa Yang tinggal dan menetap dengan budaya beraneka ragam. Keanekaragaman suku bangsa Yang dimiliki bangsa Indonesia merupakan sesuatu kekuatan untuk mengisi kemerdekaan ini dengan pembangunan. Keanekaragaman budaya daerah dapat menjunjung tinggi budaya nasional. Keanekaragaman dapat kita kenalkan pada masyarakat mancanegara lewat misi wisata atau kegiatan Iainnya.

 
 
 Latihan Pembelajaran 4
 
 

Daftar Siswa yang sudah mengerjakan Tugas Pembelajaran 4

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2

   Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia KD 3.2 dan 4.2    Gambar Cerita Gambar cerita adalah gambar yang menceritakan suatu adegan atau peristiwa. Fungsi dari gambar cerita adalah memperjelas alur atau isi cerita, memperjelas isi pesan dalam promosi suatu barang, menarik perhatian, menambah nilai artistik/keindahan dan sarana untuk mengungkapkan perasaan penggambarnya. Gambar cerita sering juga ditemukan dalam buku cerita, majalah, dan buku pelajaran. Poster dan brosur juga sering disertaígambar cerita agar menarik. Petunjuk cara penggunaan barang pun sering dilengkapi dengan gambar cerita untuk membantu pengguna menggunakannya. Fungsi gambar cerita, antara lain: 1. memperjelas alur atau isi cerita; 2. memperjelas isi pesan dalam promosi suatu barang; 3. menarik perhatian; 4. menambah nilai artistik/ keindahan; 5. sarana untuk mengungkapkan perasaan penggambarnya. Ciri-ciri gambar cerita sebagai berikut. 1. Memudahkan pembaca dalam memahami suatu penjelasan atau cerita. 2. Memberikan g

Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 3 ( 2 )

  Bahasa Indonesia KD 3.1 dan 4.1 Ide Pokok dalam Gambar Bercerita Gambar Bercerita Untuk menentukan ide pokok pada gambar cerita, kita harus memperhatikan gambar dengan teliti. Ketika kita mengamati gambar, kita dapat mengidentifikasi siapa tokoh dalam gambar tersebut, aktivitas apa yang dilakukan, dimana lokasi peristiwa dalam gambar tersebut, dan bagaimana pemandangan atau suasana gambar tersebut. Setelah mengamati kita dapat menentukan ide pokok gambar tersebut berdasarkan informasi penting yang telah kita identifikasi.    Langkah berikutnya adalah kita menulisnya dalam sebuah tabel mulai dari gambar pertama sampai dengan gambar terakhir. Menyajikan ide pokok juga dapat dalam bentuk diagram.  Tabel Ide Pokok Setelah ide pokok berhasil kita tentukan, kita dapat mengembangkannya menjadi sebuah cerita pendek. Langkah-langkah membuat cerita pendek dari gambar adalah sebagai berikut: Menentukan ide pokok. Membuat kalimat utama. Menjabarkan kalimat utama menggunakan beberapa

Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 2

 MATERI IPA KD 3.1 DAN 4.1 Simaklah Video Pembelajaran Berikut! Alat Gerak Manusia Tangan kita dapat bergerak karena terdapat tulang dan otot. Tulang dan otot manusia akan bekerja sama dalam melakukan pergerakan sehingga membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak. Alat gerak manusia dibedakan menjadi dua yaitu alat gerak pasif dan alat gerak aktif. 1. Alat Gerak Pasif Alat gerak pasif pada manusia adalah tulang. Kumpulan tulang-tulang manusia yang menjadi satu kesatuan membentuk tubuh disebut sistem rangka.  Fungsi rangka manusia adalah: Membentuk tubuh. Tempat melekatnya otot. Menopang dan menegakkan tubuh. Melindungi organ tubuh. Sebagai alat gerak. Berdasarkan bentuknya, tulang dibedakan menjadi 3. yaitu a. Tulang Pipa Tulang pipa bentuknya bulat, panjang, dan berongga. Contoh: tulang paha, tulang lengan atas, dan tulang jari tangan. b. Tulang Pipih Tulang pipih bentuknya pipih atau gepeng. Contoh: tulang belikat, tulang selangka, dan tulang rusuk. c. Tulang Pendek Tulang pend