Langsung ke konten utama

Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 5

Materi Esensial Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 Kelas 5 Tema 1 Subtema 3

 IPA

B. Gangguan pada Alat Gerak Aktif (Otot)

1. Tetanus

Tetanus

Tetanus adalah kelainan pada otot yang disebabkan oleh bakteri Clostridium tetani. Kelainan tersebut menyebabkan penderita mengalami kejang atau kaku otot.

2. Atrofi

Atrofi

Atrofi adalah kelainan pada otot karena makanan yang tidak seimbang. Kelainan tersebut menyebabkan otot penderita menjadi kecil.

3. Hipertrofi

Hipertrofi

Hipertrofi adalah kelainan pada otot yang disebabkan karena bekerja terus menerus sehingga otot penderita menjadi besar.

4. Distrofi

Distrofi

Distrofi adalah kelainan bawaan pada tulang yang bersifat kronis.

5. Stiff (Kaku Leher)

Stiff

Stiff adalah kelainan otot karena adanya peradangan otot trapesius leher akibat gerakan yang menghentak secara tiba-tiba atau salah gerak.

Faktor Penyebab Terjadinya Gangguan pada Alat Gerak Manusia:

  1. Faktor keturunan atau bawaan dari lahir.
  2. Bakteri atau virus.
  3. Kebiasaan gerak yang salah.

Kebiasaan yang Menyebabkan Gangguan pada Alat Gerak Manusia:

  1. Duduk dengan posisi membungkuk.
  2. Duduk dengan posisi miring.
  3. Menyilangkan kaki.
  4. Tidur dengan posisi yang tidak benar.
  5. Bekerja dengan beban yang berat.

Cara mencegah terjadinya kelainan pada organ gerak

  1. Untuk menghindari kelainan kaki X yang merupakan bawaan sejak lahir, ibu hamil dianjurkan untuk memperbanyak mengonsumsi sayuran dan minum susu berkalsium.
  2. Agar terhindar dari artritis, sebaiknya selalu menjaga metabolisme asam urat dalam tubuh dengan membatasi makanan yang dapat memicu meningkatnya asam urat.
  3. Agar terhindar dari kelainan lordosis, kifosis, dan skoliosis sebaiknya melakukan olahraga secara teratur dan menghindari kebiasaan sikap tubuh yang salah.
  4. Agar terhindar dari osteoporosis, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung kalsium dan diimbangi dengan olahraga yang teratur.
  5. Agar terhindar dari rakitis, dianjurkan untuk banyak mengonsumsi telur, susu, dan minyak ikan serta berjemur di pagi hari.

 



Berjemur di Pagi Hari

 

 

 

 

SBdP KD 3.1 dan 4.1

Komik

Komik adalah sebuah urutan gambar dilengkapi teks yang membentuk suatu cerita. Teks dalaam komik berfungsi untuk menjelaskan gambar. Teks biasanya disajikan dalam bentuk gelembung-gelembung yang sering disebut dengan balon kata. Teks dalam komik menggunakan bahasa lisan yang mudah dipahami, biasanya dalam bentuk sebuah percakapan. 

 Contoh - Contoh komik:





Hal-hal penting yang harus diperhatikan sebelum membuat komik:

  1. Menentukan ukuran tubuh tokoh.
  2. Menentukan ekspresi wajah.
  3. Menentukan action (perpaduan ekspresi dengan ukuran tubuh).
  4. Membuat balon kata (kolom atau gelembung percakapan).
  5. Membuat frame (garis batas adegan komik).
Tugas 1
Buatlah sebuah komik sederhana di buku tugas sesuai dengan contoh komik di atas. kemudian kirimkan melalui formulir berikut:
          

Daftar Siswa Yang sudah Mengerjakan Tugas membuat komik

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 1

  Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia KD 3.4 dan 4.4 Simaklah video pembelajaran berikut! lklan Elektronik Bacalah teks percakapan berikut! Rudi  : "Tam, cuci tanganmu dulu kalau mau makan! Nanti kamu bisa sakit perut, lho," Tama : "Tapi aku makan pakai sendok kok, Rud. Lagi pula makanan ini kan aku bawa dari rumah. Sudah pasti terjamin kebersihannya." Rudi  : "Tapi kamu habis bermain bola. Tanganmu sudah banyak memegang bola yang kotor itu, Tam." Tama : "Memangnya apa hubungannya makanan dan tangan yang kotor?" Rudi  : "Menurut iklan layanan masyarakat yang aku dengar di radio, tangan merupakan tempat penyaluran berbagai penyakit. Di tangan terdapat banyak kuman. Kuman Itu akan masuk ke dalam tubuh ketika kamu menyuapkan makanan ke dalam mulut. Kuman yang masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai penyakit. Salah satunya adalah penyakit perut. Tama : "Wah, benarkah? Kalau begitu aku akan mencuci tanganku dulu. Terima kasih inform...

Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2

   Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia KD 3.2 dan 4.2    Gambar Cerita Gambar cerita adalah gambar yang menceritakan suatu adegan atau peristiwa. Fungsi dari gambar cerita adalah memperjelas alur atau isi cerita, memperjelas isi pesan dalam promosi suatu barang, menarik perhatian, menambah nilai artistik/keindahan dan sarana untuk mengungkapkan perasaan penggambarnya. Gambar cerita sering juga ditemukan dalam buku cerita, majalah, dan buku pelajaran. Poster dan brosur juga sering disertaígambar cerita agar menarik. Petunjuk cara penggunaan barang pun sering dilengkapi dengan gambar cerita untuk membantu pengguna menggunakannya. Fungsi gambar cerita, antara lain: 1. memperjelas alur atau isi cerita; 2. memperjelas isi pesan dalam promosi suatu barang; 3. menarik perhatian; 4. menambah nilai artistik/ keindahan; 5. sarana untuk mengungkapkan perasaan penggambarnya. Ciri-ciri gambar cerita sebagai berikut. 1. Memudahkan pembaca dalam memahami suatu penjelasan atau ceri...

Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 5

MATERI PEMBELAJARAN IPA KD 3.1 DAN 4.1   OTOT MANUSIA Coba perhatikan apa yang akan terjadi apabila manusia tidak memiliki otot? Manusia tidak dapat melakukan pergerakan, sebab otot merupakan alat gerak aktif yang sangat penting bagi manusia. Fungsi otot adalah sebagai alat gerak aktif yang dapat menggerakkan organ lain sehingga terjadi suatu gerakan dan mengalirkan darah yang terdiri atas zat-zat, yaitu nutrisi, oksigen, dan lain-lain. Menurut jenisnya, otot dibedakan menjadi tiga macam.   1. Otot Polos Otot polos mempunyai bentuk yang polos seperti kumparan halus dan bergelondong. dari otot polos sebagai berikut. Bentuknya gelondong, kedua ujungnya meruncing dan di bagian tengahnya menggelembung. Mempunyai satu inti sel. Tidak memiliki garis-gans melintang (polos). Bekerja di luar kesadaran, artinya tidak di bawah perintah otak sehingga disebut sebagal otot tak sadar. Terletak pada otot usus, otot saluran peredaran darah, otot saluran kemih, dan lain-lain.     2. ...