Langsung ke konten utama

Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 4

 Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia KD 3.2 dan 4.2


Menelusuri Wisata Sejarah Merapi di Ketep Pass



Banyak cara yang dilakukan untuk menikmati keindahan Gunung merapi dari jarak dekat, salah satunya dengan melakukan pendakian ke puncak gunung yang masuk dalam wilayah Yogyakarta, Magelang, dan Boyolali itu. Namun, bagi kamu yang,tidak memiliki nyali besar untuk melakukan pendakian langsung ke puncak Merapi, jangan berkecil hati. kamu tetap bisa melihat keindahan Merapi dari Ketep Pass.

     Ketep Pass merupakan kawasan wisata yang terletak di Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Obyek wisata ini merupakan salah satu spot terbaik untuk melihat wujud Merapi yang sesungguhnya. Jika ditarik garis lurus dari puncak Merapi, letak Ketep Pass hanya berjarak sekitar 15 kilometer arah utara. Oleh karena itu, keindahan Merapi bisa dinikmati dari sudut yang sempurna dari tempat ini.

     Selain menyajikan wisata pemandangan Merapi, Ketep Pass juga memiliki Volcano Centre yang berisi diorama, kumpulan foto, serta beragam informasi mengenai letusan Merapi tempo dulu hingga letusan terbaru pada 2010. Semua letusan itu terekam jelas dalam foto-foto yang terpampang di dinding Vo/cano Centre. Selain itu, kamu juga bisa melihat miniatur Merapi dalam wujud tiga dimensi yang ada di bagian tengah Volcano Centre. Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp7.500,00 per orang, kamu bisa melihat langsung keindahan Merapi sekaligus mempelajari sejarah panjang gunung berapi dengan ketinggian mencapai 2.987 meter tersebut.

     Selain bisa menikmati keindahan Merapi, dapat juga sambil belajar sejarah letusan Merapi. Ketep Pass juga memiliki bioskop mini berkapasitas 76 kursi. Bioskop ini memutar film dokumenter singkat mengenai fenomena letusan Merapi serta hubungannya dengan masyarakat di sekitarnya. Untuk menikmati film berdurasi 22 menit itu, kamu harus membayar biaya tambahan sebesar Rp7.000,00 per orang. Melalui film ini, kita bisa melihat dengan jelas kedahsyatan letusan Merapi.  

     Dari Ketep Pass, bukan hanya Gunung Merapi dan Merbabu yang bisa dilihat. Kalau beruntung, kamu juga bisa melihat secara langsung keindahan Gunung Sumbing, Sindoro dan Slamet di sebelah barat, saat cuaca cerah.

     Ketep Pass bisa diakses dari dua arah, melalui jalur utara dari arah Semarang dan jalur selatan dari arah Yogyakarta. Tidak perlu khawatir tersesat, petunjuk ke obyek wisata ini sangat jelas terpampang di sepanjang jalan.


 Materi Pembelajaran IPS KD 3.3 dan 4.3

Usaha Jasa Pariwisata


Usaha jasa pariwisata adalah suatu usaha bisnis yang kegiatan utamanya meliputi menjual jasa-jasa pariwisata kepada wișatawan baik itu wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Jeni$ usaha jasa pariwisata sebagai berikut.

1. Agen Perjalanan, Biro Perjalanan, dan Tour Operator (Usaha Jasa Perjalanan)
Berdasarkan prinsipnya ketiga jenis usaha tersebut sama, yakni sama-sama beroperasi dalarn bidang perjalanan, sedangkan perbedaannya terletak pada pelaksanaan kegiatannya. Misalnya, kegiatan biro perjalanan ruang lingkupnya lebih luas dibandingkan dengan agen perjalanan. Demikian juga dengan ruang lingkup kegiatan tour operator lebih luas jika dibandingkan dengan biro perjalanan.


2. Pemanduan Wisata
Keberadaan usaha ini sudah termasuk ke dalam kegiatan biro perjalanan. Tetapi tidak menutup kemungkinan kalau usaha ini berdiri sendiri. Misalnyat dalam suatu obyek wisata terdapat pemandu wisata yang bukan merupakan dari biro perjalanan. Mereka merupakan pemandu resmi yang berada pada dalam organisasi atau perkumpulan tertentu. 



3. Pelayanan Informasi Wisata
Kegiatan usaha ini bisa dilakukan oleh pemerintah maupun pihak swasta. Jika kegiatan usaha ini dilakukan oleh pemerintah maka kegiatan tersebut bukan usaha yang dikomersialkan, tetapi untuk memudahkan pelayanan tersebut kepada wisatawan.

4. Pelayanan Pertemuan dan Konferensi
Usaha ini kegiatannya lebih kepada menyediakan fasilitas pertemuan, seminarseminar, konferensi, dan Iain-Iain baik kegiatan penyelenggaraannya maupun dalam menyediakan tempat beserta perlengkapannya. Pada usaha ini juga kadang menyediakan jasa Master of Ceremony (MC).  

5. Usaha Jasa Boga (Restoran, Bar, dan Katering)
Ketiga usaha tersebut dapat berupa usaha yang berdiri sendiri ataupun usaha yang menyatu, misalnya dalam hotel.




6. Usaha Transportasi
Usaha transportasi yakni mencakup transportasi darat, laut, dan udara.Perusahaan transportasi darat terdiri dari pelayanan bus, kereta, perusahaan taksi, dan perusahaan transportasi udara meliputi maskapai penerbangan. Sedangkan transportasi laut terdiri dari pelayaran umum dan pelayaran wisata.




7. Usaha Jasa Akomodasi
Usaha jasa akomodasi memberikan pelayanan kepada tamu yang menginginkan tempat tinggal baik dalam tempo waktu yang singkat ataupun tempo waktu yang lama. Jenis usaha seperti hotel, motel, apartemen, wisma, cottage, bungalow, dan lain sebagainya.


Materi Pembelajaran IPS KD 3.2 dan 4.2

Makna Tanggung Jawab


     Tanggung jawab merupakan ciri manusia yang beradab (berbudaya). Manusia merasa bettanggung jawab karena ia menyadari akibat baik atau buruk dari perbuatannya, dan menyadari pula bahwa pihak lain memerlukan pengabdian atau pengorbanannya. Untuk memperojeh atau meningkatkan kesadaran bertanggung jawab perlu ditempuh usaha melalui pendidikan, penyuluhan, keteladanan, dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

     Pada dasarnya tanggung jawab dalam pergaulan manusia adalah suatu keberanian. Orang yang bertanggung jawab adalah orang yang berani menanggung risiko atas segala hal yang telah dilakukan atau diperbuat menjadi tanggung jawabnya. la jujur terhadap dirinya dan jujur terhadap orang Iain, adil, bijaksana, dan mandiri. Dengan rasa tanggung jawab, orang yang bersangkutan akan selalu berusaha memenuhi kewajibannya melalui seluruh potensi dirinya. Orang yang bertanggung jawab adalah orang yang mau berkorban untuk kepentingan orang Iain atau orang banyak.

     Orang yang bertanggung jawab dapat memperoleh kebahagiaan, sebab ia dapat menunaikan kewajibannya dengan baik. Kebahagiaan tersebut bisa dirasakan Oleh dirinya sendiri ataupun Oleh orang Iain. Sebaliknya orang yang tidak bertanggung jawab akan menghadapi kesulitan, sebab ia tidak melaksanakan kewajibannya dengan baik dan tentunya tidak mengikuti aturan, norma serta nilai-nilai Yang berlaku. Selain itu, wujud dari tanggung jawab juga berupa pengabdian dan pengorbanan. Pengabdian dan pengorbanan adalah suatu perbuatan baik untuk kepentingan manusia itu sendiri.


Tugas 1

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1. Apa yang kamu ketahui tentang wisata Ketep Pass?

2. Sebutkan objek wisata yang ada di Ketep Pass! Jawab:

3. Sebutkan jenis-jenis tempat pariwisata yang ada di Bali!
 
4. Sebutkan usaha-usaha dalam bidang jasa pariwisata!

5. Jelaskan tanggung jawab manusia sebagai warga negara!

Tugas 2

Dengan menggunakan Komputer atau smartphone, kerjakan Latihan Pembelajaran 4 berikut!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2

   Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia KD 3.2 dan 4.2    Gambar Cerita Gambar cerita adalah gambar yang menceritakan suatu adegan atau peristiwa. Fungsi dari gambar cerita adalah memperjelas alur atau isi cerita, memperjelas isi pesan dalam promosi suatu barang, menarik perhatian, menambah nilai artistik/keindahan dan sarana untuk mengungkapkan perasaan penggambarnya. Gambar cerita sering juga ditemukan dalam buku cerita, majalah, dan buku pelajaran. Poster dan brosur juga sering disertaígambar cerita agar menarik. Petunjuk cara penggunaan barang pun sering dilengkapi dengan gambar cerita untuk membantu pengguna menggunakannya. Fungsi gambar cerita, antara lain: 1. memperjelas alur atau isi cerita; 2. memperjelas isi pesan dalam promosi suatu barang; 3. menarik perhatian; 4. menambah nilai artistik/ keindahan; 5. sarana untuk mengungkapkan perasaan penggambarnya. Ciri-ciri gambar cerita sebagai berikut. 1. Memudahkan pembaca dalam memahami suatu penjelasan atau cerita. 2. Memberikan g

Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 3 ( 2 )

  Bahasa Indonesia KD 3.1 dan 4.1 Ide Pokok dalam Gambar Bercerita Gambar Bercerita Untuk menentukan ide pokok pada gambar cerita, kita harus memperhatikan gambar dengan teliti. Ketika kita mengamati gambar, kita dapat mengidentifikasi siapa tokoh dalam gambar tersebut, aktivitas apa yang dilakukan, dimana lokasi peristiwa dalam gambar tersebut, dan bagaimana pemandangan atau suasana gambar tersebut. Setelah mengamati kita dapat menentukan ide pokok gambar tersebut berdasarkan informasi penting yang telah kita identifikasi.    Langkah berikutnya adalah kita menulisnya dalam sebuah tabel mulai dari gambar pertama sampai dengan gambar terakhir. Menyajikan ide pokok juga dapat dalam bentuk diagram.  Tabel Ide Pokok Setelah ide pokok berhasil kita tentukan, kita dapat mengembangkannya menjadi sebuah cerita pendek. Langkah-langkah membuat cerita pendek dari gambar adalah sebagai berikut: Menentukan ide pokok. Membuat kalimat utama. Menjabarkan kalimat utama menggunakan beberapa

Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 2

 MATERI IPA KD 3.1 DAN 4.1 Simaklah Video Pembelajaran Berikut! Alat Gerak Manusia Tangan kita dapat bergerak karena terdapat tulang dan otot. Tulang dan otot manusia akan bekerja sama dalam melakukan pergerakan sehingga membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak. Alat gerak manusia dibedakan menjadi dua yaitu alat gerak pasif dan alat gerak aktif. 1. Alat Gerak Pasif Alat gerak pasif pada manusia adalah tulang. Kumpulan tulang-tulang manusia yang menjadi satu kesatuan membentuk tubuh disebut sistem rangka.  Fungsi rangka manusia adalah: Membentuk tubuh. Tempat melekatnya otot. Menopang dan menegakkan tubuh. Melindungi organ tubuh. Sebagai alat gerak. Berdasarkan bentuknya, tulang dibedakan menjadi 3. yaitu a. Tulang Pipa Tulang pipa bentuknya bulat, panjang, dan berongga. Contoh: tulang paha, tulang lengan atas, dan tulang jari tangan. b. Tulang Pipih Tulang pipih bentuknya pipih atau gepeng. Contoh: tulang belikat, tulang selangka, dan tulang rusuk. c. Tulang Pendek Tulang pend