Langsung ke konten utama

Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 5

 Materi Pembelajaran IPA KD 3.2 dan 4.2

Jenis-Jenis Pernapasan pada Manusia


Pernapasan adalah proses memasukkan udara dari luar tubuh ke paru-paru kemudian dikeluarkan Iagi ke luar tubuh. Setiap makhluk hidup melakukan respirasi atau pernapasan. Bernapas diperlukan untuk mengambil oksigen yang berguna bagi proses metabolisme serta membuang limbah metabolisme berupa uap air dan karbon dioksida. Proses pernapasan pada manusia terdiri dari dua jenis, yaitu pernapasan dada dan pernapasan perut. Berikut adalah penjelasan jenis-jenis pernapasan pada manusia.

1. Pernapasan Dada
Pernapasan dada adalah pernapasan yang melibatkan otot antartulang rusuk. Ketika terjadi inspirasi (menghirup udara), otot antartulang rusuk berkontraksi sehingga tulang rusuk dan tulang dada terangkat. Akibatnya tekanan udara di dalam paru-paru menurun sehingga udara luar masuk ke dalam paru-paru melalui saluran pernapasan. Ketika terjadi ekspirasi (menghembuskan udara), otot antartulang rusuk berelaksasi sehingga posisi tulang rusuk dan tulang dada kembali normal. Akibatnya tekanan udara di dalam paru-paru meningkat sehingga udara dari dalam paru-paru ke luar


2. Pernapasan Perut

Pernapasan perut adalah pernapasan yanq melibatkan Otot diafragma, Ketika terjadi inspirasi otot diafragma berkontraksj sohingga dada menjadi terangkat dan membesar. Akibatnya tekanan udara di dalam paru-paru menurun sehingga udara luar masuk ke dalam paru-paru. Ketika terjadi ekspirasi, Otot diafragma berelaksasi sehingga posisi dada kembali normal. Akibatnya tekanan udara di dalarn paru-paru meningkat sehingga udara di paru-paru ke luar.  


Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia KD 3.2 dan 4.2

 
                                            Cara Memelihara Kesehatan pada Alat Pernapasan
Pola hidup sehat dapat meningkatkan kesehatan juga pada alat pernapasan kita, berikut ini pola kehidupan sehat yang dapat meningkatkan kesehatan alat pernapasan manusia.

1. Makan Makanan Bergizi
Makanan bergizi dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi maka tubuh tidak mudah terserang penyakit. Misalkan, jika pola makan yang dikonsumsi sehat dan teratur, maka tidak mudah tertular influenza.

2. Berolahraga secara Teratur
Tubuh membutuhkan oksigen yang cukup untuk pembakaran sari-sari makanan di dalam tubuh. Dengan berolahraga maka proses pernapasan dapat diperlancar karena adanya latihan pemapasan yang benar. Olahraga yang baik bagi kesehatan pemapasan antara Iain adalah atletik, senam, dan juga renang.

3. Istirahat yang Teratur
Tubuh memerlukan waktu istirahat yang cukup, Pada anak-anak istirahat dalam bentuk tidur merupakan saat terbaik bagi pertumbuhan dan pemulihan tubuh. Akan tetapi, istirahat tidak perlu terlalu banyak karena aktivitas tubuh seperti bermain dan berolahraga juga diperlukan untuk kesehatan alat pernapasan. Kita memerlukan waktu tidur rata-rata 8—9 jam setiap hari.

4. Menjaga Kebersihan
Menjaga kebersihan baik kebersihan diri maupun lingkungan adalah syarat utama dalam menjaga kesehatan, Kebersihan diri dapat dapat dimulai dengan cara meneuci tangan setelah selesai melakukan aktivitas. Sementara kobersihan lingkungan dapat dimulai dari kamar Kita. Pastikan pada ruangan Kamar terjadi sirkulasi udara Yang baik, Udara ruangan yang lembab dan pengap tidak baik bagi kesehatan alat pernapasan, karena kuman mudah berkembang biak dalam kondisi ini. Pastikan juga ruangan selalu mendapat pancaran sinar matahari setiap hari karena beberapa jenis kuman dapat mati karena panas dan sinar matahari.

5. Menjauhi Asap Rokok
Asap rokok berbahaya karena mengandung nikotin yang dapat membahayakan paru-paru saat kita menghirupnya. Nikotin dapat mengakibatkan paru-paru rusak dan tidak bisa lagi mengikat oksigen dengan baik. Tubuh akan menjadi sesak karena tidak mendapat pasokan oksigen yang cukup. Pada tahap yang lebih parah, penumpukan nikotin pada paru-paru dapat menyebabkan kanker paru-paru. Jadi, hindarilah asap rokok.

Tugas 1 Bahasa Indonesia KD 3.2
Jawablah penanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1. Sebutkan pola kehidupan sehat yang dapat meningkatkan kesehatan alat pernapasan manusia!

2. Sebutkan olahraga yang baik bagi kesehatan pernapasan!

3. Berapa jam waktu tidur yang kita perlukan dalam sehari?

4. Mengapa asap rokok sangat berbahaya?

5. Sebutkan cara menjaga kebersihan lingkungan! 


Materi Pembelajaran SBDP KD 3.2 dan 4.2

Tangga Nada Diatonis Minor


Pengaturan napas sangat diperlukan dalam bernyanyi. Pada pembelajaran sebelumnya kamu telah mempelajari tentang tangga nada diatonis mayor dan menyanyikan lagu gengan tangga nada diatonis mayor. Sekarang kamu akan belajar cara menyanyikan lagu dengan tangga nada diatonis minor. Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan tangga nada diatonis minor? Tangga nada minor adalah tangga nada diatonis yang susunan nada-nadanya berjarak 1—1/2 —1—1—1/2 —1. Ciri-ciri tangga nada diatonis minor sebagai berikut.

    1. Kurang bersemangat.
    2. Bersifat sedih.
    3. Biasanya diawali dan diakhiri dengan nada La = A.
    4. Mempunyai pola interval 1, 1/2, 1, 1, 1/2, 1, 1.

Contoh lagu yang bertangga nada minor, yaitu Syukur, Tuhan, dan Gugur Bunga.
Tangga nada minor dibedakan menjadi tiga jenis sebagai berikut,

 1. Tangga Nada Minor Asli
Tangga nada minor asli hanya memiliki nada-nada pokok dan belum mendapat nada-nada sisipan.

2. Tangga Nada Minor Harmonis
Tangga nada minor harmonis adalah tangga nada minor yang nada ke tujuhnya dinaikkan setengah laras. Dalam tangga nada ini, deretan naik dan turun tetap sama.

3. Tangga Nada Minor Melodis
Tangga nada minor melodis adalah tangga nada minor asli yang nada ke-6 dan ke-7 dinaikkan setengah laras. Pada saat turun, nada ke-6 dan ke-7 tersebut diturunkan setengah laras.

Tugas 2  SBDP KD 4.2

Kerjakan sesuai perintahnya!
Nyanyikan lagu wajib berjudul "Gugur Bunga" yang bertangga nada diatonis minor dengan hidmat. Kamu harus dapat mengatur pernapasan ketika menyanyikan lagu "Gugur Bunga" agar menghasilkan suara dan nyanyian yang merdu.

Contoh lagu dan lirik dapat disimak pada video dan gambar berikut:

Lirik Lagu Gugur Bunga


 


Tugas 3

Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar!

1. Apa yang dimaksud dengan pernapasan dada?

2. Jelaskan pengertian dari pernapasan perut!

3. Apa tujuan berolahraga bagi pernapasan?

4. Sebutkan tiga jenis tangga nada minor!

5. Apa yang dimaksud dengan tangga nada minor melodis?




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2

   Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia KD 3.2 dan 4.2    Gambar Cerita Gambar cerita adalah gambar yang menceritakan suatu adegan atau peristiwa. Fungsi dari gambar cerita adalah memperjelas alur atau isi cerita, memperjelas isi pesan dalam promosi suatu barang, menarik perhatian, menambah nilai artistik/keindahan dan sarana untuk mengungkapkan perasaan penggambarnya. Gambar cerita sering juga ditemukan dalam buku cerita, majalah, dan buku pelajaran. Poster dan brosur juga sering disertaígambar cerita agar menarik. Petunjuk cara penggunaan barang pun sering dilengkapi dengan gambar cerita untuk membantu pengguna menggunakannya. Fungsi gambar cerita, antara lain: 1. memperjelas alur atau isi cerita; 2. memperjelas isi pesan dalam promosi suatu barang; 3. menarik perhatian; 4. menambah nilai artistik/ keindahan; 5. sarana untuk mengungkapkan perasaan penggambarnya. Ciri-ciri gambar cerita sebagai berikut. 1. Memudahkan pembaca dalam memahami suatu penjelasan atau cerita. 2. Memberikan g

Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 3 ( 2 )

  Bahasa Indonesia KD 3.1 dan 4.1 Ide Pokok dalam Gambar Bercerita Gambar Bercerita Untuk menentukan ide pokok pada gambar cerita, kita harus memperhatikan gambar dengan teliti. Ketika kita mengamati gambar, kita dapat mengidentifikasi siapa tokoh dalam gambar tersebut, aktivitas apa yang dilakukan, dimana lokasi peristiwa dalam gambar tersebut, dan bagaimana pemandangan atau suasana gambar tersebut. Setelah mengamati kita dapat menentukan ide pokok gambar tersebut berdasarkan informasi penting yang telah kita identifikasi.    Langkah berikutnya adalah kita menulisnya dalam sebuah tabel mulai dari gambar pertama sampai dengan gambar terakhir. Menyajikan ide pokok juga dapat dalam bentuk diagram.  Tabel Ide Pokok Setelah ide pokok berhasil kita tentukan, kita dapat mengembangkannya menjadi sebuah cerita pendek. Langkah-langkah membuat cerita pendek dari gambar adalah sebagai berikut: Menentukan ide pokok. Membuat kalimat utama. Menjabarkan kalimat utama menggunakan beberapa

Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 2

 MATERI IPA KD 3.1 DAN 4.1 Simaklah Video Pembelajaran Berikut! Alat Gerak Manusia Tangan kita dapat bergerak karena terdapat tulang dan otot. Tulang dan otot manusia akan bekerja sama dalam melakukan pergerakan sehingga membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak. Alat gerak manusia dibedakan menjadi dua yaitu alat gerak pasif dan alat gerak aktif. 1. Alat Gerak Pasif Alat gerak pasif pada manusia adalah tulang. Kumpulan tulang-tulang manusia yang menjadi satu kesatuan membentuk tubuh disebut sistem rangka.  Fungsi rangka manusia adalah: Membentuk tubuh. Tempat melekatnya otot. Menopang dan menegakkan tubuh. Melindungi organ tubuh. Sebagai alat gerak. Berdasarkan bentuknya, tulang dibedakan menjadi 3. yaitu a. Tulang Pipa Tulang pipa bentuknya bulat, panjang, dan berongga. Contoh: tulang paha, tulang lengan atas, dan tulang jari tangan. b. Tulang Pipih Tulang pipih bentuknya pipih atau gepeng. Contoh: tulang belikat, tulang selangka, dan tulang rusuk. c. Tulang Pendek Tulang pend