Langsung ke konten utama

Matematika : SKALA

 Sebuah mobil dapat menempuh jarak dari Soloke Surabaya dalam waktu 6 jam dengankecepatan rata-rata 45 km/jam. Pak Bambang akan menghadiri suatu acara di Surabaya dan ingin menempuh jarak tersebut dalam waktu 5jam. Apakah yang harus dilakukan pak Bambang? Mempercepat laju mobil atau memperiambat laju mobil? Jawabannya pasti mempercepat laju mobil karena makin besar kecepatan mobil,makin sedikit waktu yang dibutuhkan untuk menempuh jarak yang sama. Jika dikaitkan dengan konsep perbandingan, kecepatan mobil merupakan kebalikan dari waktu tempuh. Perbandingan antara kecepatan mobil dan waktu tempuh merupakan salah satu contoh penerapan konsep perbandingan dalam kehidupan sehari-hari. Pada båb ini, kamu akan memahami dan menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata Untuk lebih mengetahui selengkapnya, simaklah rangkuman materi berikut.

Simaklah Video Pembelajaran Berikut !




 

 

( putar / miringkan HP untuk menampilkan secara penuh dan jelas  pembelajaran dibawah ini  )

 


 


Tugas Mandiri

Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan benar!

 
1. Usia ayah dan ibu memiliki perbandingan 5:4. Selisih usia mereka berdua adalah 9 tahun. Berapakah usia ayah dan ibu?

2. Jumlah siswa kelas V adalah 48 anak. Jumlah perbandingan siswa yang suka pelajaran IPA, IPS, dan Matematika adalah 2 : 3 : 1. Tentukan selisih banyak anak yang suka pelajaran İPS dan Matematika!

3. Perbandingan jumlah mobil dan sepeda motor di jalan raya adalah 4 : 10,sedangkan perbandingan sepeda motor dan bus adalah 5 : 3. Tentukan jumlah kendaraan jika jumlâh bus 30!

4. Harga 10 buah buku tulis Rp35.OOO,OO. Hitunglah harga 25 buah buku tulis berdasarkan satuan dan perbandingan.

5. Sepeda motor Danis memerlukan 2 liter bensin untuk menempuh jarak 70 km. Berapa liter bensin yang diperlukan sepeda motor itu untuk menempuh jarak 210 km?


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 1

  Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia KD 3.4 dan 4.4 Simaklah video pembelajaran berikut! lklan Elektronik Bacalah teks percakapan berikut! Rudi  : "Tam, cuci tanganmu dulu kalau mau makan! Nanti kamu bisa sakit perut, lho," Tama : "Tapi aku makan pakai sendok kok, Rud. Lagi pula makanan ini kan aku bawa dari rumah. Sudah pasti terjamin kebersihannya." Rudi  : "Tapi kamu habis bermain bola. Tanganmu sudah banyak memegang bola yang kotor itu, Tam." Tama : "Memangnya apa hubungannya makanan dan tangan yang kotor?" Rudi  : "Menurut iklan layanan masyarakat yang aku dengar di radio, tangan merupakan tempat penyaluran berbagai penyakit. Di tangan terdapat banyak kuman. Kuman Itu akan masuk ke dalam tubuh ketika kamu menyuapkan makanan ke dalam mulut. Kuman yang masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai penyakit. Salah satunya adalah penyakit perut. Tama : "Wah, benarkah? Kalau begitu aku akan mencuci tanganku dulu. Terima kasih inform...

Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 5

MATERI PEMBELAJARAN IPA KD 3.1 DAN 4.1   OTOT MANUSIA Coba perhatikan apa yang akan terjadi apabila manusia tidak memiliki otot? Manusia tidak dapat melakukan pergerakan, sebab otot merupakan alat gerak aktif yang sangat penting bagi manusia. Fungsi otot adalah sebagai alat gerak aktif yang dapat menggerakkan organ lain sehingga terjadi suatu gerakan dan mengalirkan darah yang terdiri atas zat-zat, yaitu nutrisi, oksigen, dan lain-lain. Menurut jenisnya, otot dibedakan menjadi tiga macam.   1. Otot Polos Otot polos mempunyai bentuk yang polos seperti kumparan halus dan bergelondong. dari otot polos sebagai berikut. Bentuknya gelondong, kedua ujungnya meruncing dan di bagian tengahnya menggelembung. Mempunyai satu inti sel. Tidak memiliki garis-gans melintang (polos). Bekerja di luar kesadaran, artinya tidak di bawah perintah otak sehingga disebut sebagal otot tak sadar. Terletak pada otot usus, otot saluran peredaran darah, otot saluran kemih, dan lain-lain.     2. ...

Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2

   Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia KD 3.2 dan 4.2    Gambar Cerita Gambar cerita adalah gambar yang menceritakan suatu adegan atau peristiwa. Fungsi dari gambar cerita adalah memperjelas alur atau isi cerita, memperjelas isi pesan dalam promosi suatu barang, menarik perhatian, menambah nilai artistik/keindahan dan sarana untuk mengungkapkan perasaan penggambarnya. Gambar cerita sering juga ditemukan dalam buku cerita, majalah, dan buku pelajaran. Poster dan brosur juga sering disertaígambar cerita agar menarik. Petunjuk cara penggunaan barang pun sering dilengkapi dengan gambar cerita untuk membantu pengguna menggunakannya. Fungsi gambar cerita, antara lain: 1. memperjelas alur atau isi cerita; 2. memperjelas isi pesan dalam promosi suatu barang; 3. menarik perhatian; 4. menambah nilai artistik/ keindahan; 5. sarana untuk mengungkapkan perasaan penggambarnya. Ciri-ciri gambar cerita sebagai berikut. 1. Memudahkan pembaca dalam memahami suatu penjelasan atau ceri...