Langsung ke konten utama

Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 3

 Materi IPS KD 3.2 dan 4.2

Perhatikan percakapan berikut!



Tomi : "Kamu kenapa, Dim? Kelihatannya Seperti orang kesakitan?"

Dimas  : "Iya, Tom. Perutku sakit sekali."

Tomi : "Memangnya kamu habis makan apa?"

Dimas  : "Aku tadi beli siomay di kantin. Sepertinya sambalnya terlalu banyak hingga perutku jadi mulas."

Tomi : 'Wah, berarti perutmu tidak tahan makanan pedas itu. Ayo aku antar ke UKS!"

Dimas  : "Sepertinya begitu. Terima kasih, Ton."

Dari percakapan di atas kita mengetahui bahwa setiap orang dalam kesehariannya akan saling berinteraksi. Interaksi seseorang dengan orang lain disebut interaksi sosial. Interaksi berasal dari kata interaction (bahasa Inggris) yang berarti suatu tindakan (action). Interaksi antara manusia dan lingkungan hidup merupakan proses saling memengaruhi antara satu dan lainnya. Lingkungan hidup memiliki pengaruh besar bagi manusia karena merupakan komponen penting dari kehidupan manusia.

1. Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alam

Lingkungan alam adalah lingkungan yang terbentuk secara alamiah tanpa campur tangan manusia. Lingkungan alam mencakup semua benda hidup dan tak hidup yang terjadi secara alamiah di bumi. Lingkungan alam terdiri atas komponen abiotik dan biotik, Komponen abiotik adalah segala sesuatu yang ada di lingkungan yang bukan makhluk hidup. Lingkungan biotik adalah segala benda hidup yang ada di lingkungan.

Dalam lingkungan alam terjadi interaksi antara lingkungan abiotik dengan lingkungan biotik atau sebaliknya. Bahkan, antar komponen lingkungan biotik dan antarkomponen lingkungan abiotik juga terjadi saling keterkaitan. Contoh interaksi antara komponen abiotik dengan biotik adalah tanah, suhu, dan curah hujan yangmemengäruhi jenis tanaman yang tumbuh di suatu daerah.

Lingkungan biotik juga dapat memengaruhi lingkungan abiotik. Contohnya daerah yang banyak tumbuhannya akan membuat suhu udara menjadi Iebih sejuk. Daerah Yang masih banyak tumbuhannya juga dapat menyimpan air tanah Iebih banyak karena tanah di bawahnya dapat menyerap air Iebih banyak. Interaksi antara manusia dan alam dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu interaksi yang menyesuaikan diri dengan alam dan interaksi yang mendominasi alam.

a. Interaksi manusia yang menyesuaikan diri dengan alam contohnya adalah hidup dekat dengan sumber makanannya. Manusia menyesuaikan waktu tanam dengan musim penghujan, waktu untuk berlayar menyesuaikan dengan keadaan cuaca,menghindari tinggal di daerah rawan bencana alam, dan Iain-lain.

b. Interaksi manusia yang mendominasi alam. Ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimiliki manusia cenderung melakukan upaya mengambil sumber daya alam. Bahkan, manusia berupaya memodifikasi cuaca dengan mengembangkan teknologi hujan buatan. 

Namun demikian, sampai saat ini manusia belum mampu memperkirakan kapan gempa bumi akan terjadi, jam berapa gunung akan meletus, dan seterusnya. Manusia Juga tidak mampu menghentikan gelombang tsunami, menghentikan banjir, dan peristiwa alam Iainnya. Dalam hal ini manusia cenderung berupaya menyesuaikan diri. Sebagai contoh, penduduk yang tinggal di daerah gempa mengembangkanteknologi rumah atau bangunan yang tahan gempa.

 

2.       Interaksi Manusia dengan Lingkungan Sosial

Manusia perlu berhubungan atau berkomunikasi dengan yang Iainnya. Maka Terjadilah apa yang dinamakan proses sosial. Proses sosial adalah suatu interaksi atauhubungan saling memengaruhi antarm;anusia. Proses sosial ini akan terjadi kalau ada interaksi sosial. Interaksi sosial adalah hubungan-hubungan antara orang perorangan,antara kelompok manusia, maupun antara orang perorangan dan kelompok manusia.Dalam interaksi sosial, hubungan yang terjadi harus secara timbal balik dilakukan oleh kedua belah pihak. Artinya kedua belah pihak harus saling merespons. Proses Interaksi sosial akan terjadi apabila di antara pihak yang berinteraksi melakukan kontak sosial dan komunikasi. Kontak sosial dan komunikasi dapat dilakukan melalui surat-menyurat, telepon, sms, dan lain-lain.

Kontak sosial juga dapat berlangsung dalam tiga kegiatan atau bentuk  seperti berikut.

a. Antara orang perorangan. Contohnya, seorang bayi yang baru Iahür, ia akan melakukan kontak.sosial dengan ibunya dan keluarga secara langsung.

b. Antara perorangan dengan kelompok. Misalnya, seorang siswa sedang belajar bersama atau berdiskusi dalam kelompok belajarnya.

c. Antara kelompok dengan kelompok. Contohnya, seperti kelompok pelajar dari suatu sekolah melakukan studi banding ke sekolah yang Iain.



Materi PPKN KD 3.3 dan 4.3

Setiap hari kamu berhubungan dengan orang lain. Sejak bangun pagi kamu bertemu dan berkomunikasi dengan orang tua dan saudara-saudaramu. Di jalan kamu bertemu dengan banyak sekali orang. Di sekolah kamu bertemu berkomunikasi dengan guru dan teman-temanmu. Di segala tempat kamu bertemu dengan orang lain.

Tahukah kamu setiap orang yang kamu ajak berkomunikasi tentü memiliki berbagai perbedaan. Dapatkah kamu menemukan perbedaan tersebut? Perbedaan pada setiap manusia sangat beragam, seperti perbedaan pendapat, agama, adat, maupun budaya. Perbedaan suku bangsa, agama, dan budaya yang ada di sekitar merupakan keanekaragaman yang diharapkan dapat menyatukan bangsa Indonesia. Bersatunyasebuah bangsa dapat menjadi kekuatan suatu bangsa. Oleh karena itu, diperlukan usaha untuk mempertahankan dengan cara menjaga, membina, dan mengembangkan persatuan.Sikap membina dan mengembangkan persatuan harus dimulai sejak kecil. 

Keragaman bangsa Indonesia dapat kita tuangkan dalam bentuk komik. Komik merupakan cerita yang bertekanan pada gerak dan tindakan yang ditampilkan lewaturutan gambar yang dibuat secara khas dengan paduan kata-kata. Membaca komiksangat menyenangkan. Oleh karena itu, komik sangat digemari masyarakat, mulai darianak-anak hingga orang dewasa.

Perhatikan contoh komik berikut ini!



Materi Bahasa Indonesia 3.4 dan 4.4

Komik berisi gambar-gambar yang digunakan untuk menyampaikan sesuatu. Gambar Dalam komik harus dapat mewakili cerita pada komik. Selain komik, ada alat Iain yang menggunakan gambar sebagai media penyampaiannya, yaitu iklan.

Pada dasarnya tujuan utama iklan adalah agar masyarakat mau membeli produk tersebut.Agar Masyarakat tertarik untuk membeli produk tersebut maka iklan dibuat semenarik mungkin dan seefektif mungkin. lklan memiliki peranan yang sangat penting dalam memasarkan produk agar dapat dikenal oleh masyarakat. Berdasarkan media yang digunakan, iklan dapat dikelompokkan menjadi iklan media elektronik dan iklan media cetak. lklan cetak adalah iklan yang penyebarannya dilakukan melalui media cetak. Contoh iklan cetak, antara Iain poster, spanduk, baliho, reklame, iklan baris di koran, flyer, atau selebaran.

Contoh iklan:





Bacalah teks di bawah ini!

Makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia adalah nasi. Seperti umumnya makanan pokok sebagian besar penduduk Asia. Masyarakat Indonesia tidak bisa dilepaskan dari nasi. Bahkan ketika di luar negeri dengan makanan pokok Iain, warga negara Indonesia tetap mencari nasi. Ada juga istilah, belum makan nasi belum makan.Hal itu membuktikan betapa pentingnya nasi bagi masyarakat Indonesia.

Bagi orang Indonesia, makan nasi tidak bisa digantikan dengan makanan Iain."Makan" berarti makan nasi, Makan tidak bisa digantikan dengan makanan Iain meski mengenyangkan. Tapi jangan salah, ketergantungan terhadap nasi hanya di sebagian daerah. Beberapa daerah di Indonesia mempunyai makanan pokok selain nasi: Untuk Mendukung ketahanan pangan tanah air, masyarakat juga harus mengembangkan makanan pokok selain nasi.

Kerjakan sesuai perintahnya!

Buatlah iklan berdasarkan teks yang sudah kamu baca di atas. Kerjakan di buku gambarmu. Beri gambar,dan kata-kata yang menarik. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2

   Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia KD 3.2 dan 4.2    Gambar Cerita Gambar cerita adalah gambar yang menceritakan suatu adegan atau peristiwa. Fungsi dari gambar cerita adalah memperjelas alur atau isi cerita, memperjelas isi pesan dalam promosi suatu barang, menarik perhatian, menambah nilai artistik/keindahan dan sarana untuk mengungkapkan perasaan penggambarnya. Gambar cerita sering juga ditemukan dalam buku cerita, majalah, dan buku pelajaran. Poster dan brosur juga sering disertaígambar cerita agar menarik. Petunjuk cara penggunaan barang pun sering dilengkapi dengan gambar cerita untuk membantu pengguna menggunakannya. Fungsi gambar cerita, antara lain: 1. memperjelas alur atau isi cerita; 2. memperjelas isi pesan dalam promosi suatu barang; 3. menarik perhatian; 4. menambah nilai artistik/ keindahan; 5. sarana untuk mengungkapkan perasaan penggambarnya. Ciri-ciri gambar cerita sebagai berikut. 1. Memudahkan pembaca dalam memahami suatu penjelasan atau cerita. 2. Memberikan g

Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 3 ( 2 )

  Bahasa Indonesia KD 3.1 dan 4.1 Ide Pokok dalam Gambar Bercerita Gambar Bercerita Untuk menentukan ide pokok pada gambar cerita, kita harus memperhatikan gambar dengan teliti. Ketika kita mengamati gambar, kita dapat mengidentifikasi siapa tokoh dalam gambar tersebut, aktivitas apa yang dilakukan, dimana lokasi peristiwa dalam gambar tersebut, dan bagaimana pemandangan atau suasana gambar tersebut. Setelah mengamati kita dapat menentukan ide pokok gambar tersebut berdasarkan informasi penting yang telah kita identifikasi.    Langkah berikutnya adalah kita menulisnya dalam sebuah tabel mulai dari gambar pertama sampai dengan gambar terakhir. Menyajikan ide pokok juga dapat dalam bentuk diagram.  Tabel Ide Pokok Setelah ide pokok berhasil kita tentukan, kita dapat mengembangkannya menjadi sebuah cerita pendek. Langkah-langkah membuat cerita pendek dari gambar adalah sebagai berikut: Menentukan ide pokok. Membuat kalimat utama. Menjabarkan kalimat utama menggunakan beberapa

Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 2

 MATERI IPA KD 3.1 DAN 4.1 Simaklah Video Pembelajaran Berikut! Alat Gerak Manusia Tangan kita dapat bergerak karena terdapat tulang dan otot. Tulang dan otot manusia akan bekerja sama dalam melakukan pergerakan sehingga membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak. Alat gerak manusia dibedakan menjadi dua yaitu alat gerak pasif dan alat gerak aktif. 1. Alat Gerak Pasif Alat gerak pasif pada manusia adalah tulang. Kumpulan tulang-tulang manusia yang menjadi satu kesatuan membentuk tubuh disebut sistem rangka.  Fungsi rangka manusia adalah: Membentuk tubuh. Tempat melekatnya otot. Menopang dan menegakkan tubuh. Melindungi organ tubuh. Sebagai alat gerak. Berdasarkan bentuknya, tulang dibedakan menjadi 3. yaitu a. Tulang Pipa Tulang pipa bentuknya bulat, panjang, dan berongga. Contoh: tulang paha, tulang lengan atas, dan tulang jari tangan. b. Tulang Pipih Tulang pipih bentuknya pipih atau gepeng. Contoh: tulang belikat, tulang selangka, dan tulang rusuk. c. Tulang Pendek Tulang pend