Langsung ke konten utama

Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 4

 Materi IPS KD 3.2 dan 4.2

   Manusia adalah makhluk sosial. Manusia sebagai makhluk sosial tidak bisa hidup sendiri. Manusia selalu membutuhkan manusia Iain. Adanya rasa saling membutuhkan mendorong manusia melakukan interaksi dengan manusia Iain. Adanya interaksi sosial ini akan mempengaruhi kehidupan manusia. Pengaruh tersebut bisa berupa kepribadian,keterampilan, dan pola hidup.

   Manusia berinteraksi dengan lingkungan hidupnya. Interaksi antara manusia dan lingkungan hidup merupakan proses saling memengaruhi antara satu dan Iainnya .Lingkungan hidup memiliki pengaruh besar bagi manusia karena merupakan komponen penting dari kehidupan manusia. Begitu pun sebaliknya, manusia memiliki pengaruh besar terhadap lingkungan hidup dalam hal pemeliharaan dan pe!estarian. Lingkungan hidup manusia terdiri atas lingkungan alam, lingkungan, sosial budaya, dan ekonomi.

Bacalah dengan saksama teks di bawah ini!

 
   Makan adalah salah satu kebutuhan pokok manusia, Oleh karena itu, kebutuhan tersebut harus dipenuhi dengan sebaik-baiknya. Pemenuhan tersebut bukan hanya dari segi selalu tersedianya makanan, tetapi juga kualitas makanan. Artinya, sedapat mungkin makanan harus bergizi. Ketika makan ada beberapa hal yang wajib diperhatikan, antara lain Makanlah dengan duduk, jangan mengambil makanan terlalu banyak dan ambillah secukupnya karena itu Iebih baik daripada menyisakan makanan di piring. Ingatlah bahwa berkah terbaik dari makanan kita adalah pada butir nasi' yang terakhir Sebelum makan berdoalah terlebih dahulu. Setelah selesai makan, ucapkan syukur pada Tuhan. Ada Baiknya kamu membantu ibu mencuci piring makan setelah kamu gunakan; Membantu orang tua adalah salah satu wujud tanda bakti kita kepada orang tua.



Sètelah membaca bacaan di atas, pengalaman apa yang kamu dapatkan? Ketahuilah,ketika kita makan sebenarnya makanan itu bisa sampai di depan kita melalui proses yang panjang. Ayah harus bekerja keras untuk bisa memenuhi kebutuhan makan kita, ada yang bekerja sebagai guru, tentara, berdagang, dan sebagainya. Kemudian hasil kerja tersebut dibelikan makanan dan lain-lain. Kemudian ibu memasak makanan yang lezat dan bergizi sehingga kita selalu sehat dan bugar. Inilah yang disebut interaksi sosial,yaitu hubungan sosial yang menyangkut seseorang dengan orang yang lain, baik secara individu maupun kelompok.

Selain interaksi sosial, manusia juga mengalami interaksi dengan lingkungan hidup,yaitu interaksi antara manusia dengan lingkungan yang terbentuk secara alami. Contohnya,sebelum beras diolah ibu dan kita makan, para petani menanam padi di sawah dan mengolahnya. Maka terjadilah interaksi antara petani dengan lingkungan sawah, air untuk pengairan, dan sebagainya. Bisakah kamu menyebutkan contoh-contoh lainnya tentang interaksi dengan lingkungan hidup?





Materi Pembelajaran PPKN KD 3.3 dan 4.3

   Pak Jauhari adalah seorang transmigran dari' Jawa Tengah, Pak Jauhari ditransmigrasikan oleh pemerintah ke daerah Sumatra. Di Sumatra, Pak Jauhari diberi lahan untuk ditanami beberapa tanaman. Di sana, Pak Jauhari beserta penduduk sekitar saling berbaur. Mereka saling bekerja sama dan saling bergaul satu sama lain walaupun berbeda adat dan budaya. Sikap mereka menunjukkan persatuan dalam keragaman (Indonesia. Sikap tersebut yang harus ditanamkan dalam diri seluruh masyarakat Indonesia.

   Banyaknya suku bangsa di Indonesia membuat bermacam-macam perbedaan muncul antara kelompok masyarakat yang satu dengan kelompok masyarakat lain. Keragaman ini tidak lantas membuat perpecahan,tetapi justru sebaliknya. Adanya keanekaragaman budaya daerah menjadi faktor penting dalam upaya mewujudkan persatuan dan kesatuan, Hampir setiap daerah memiliki adat istiadat yang berbeda. Oleh sebab itu, setiap Warga negara Indonesia harus memiliki rasa toleransi yang tinggi, kerjasama, dan saling menghormati' terhadap masyarakat dilingkungan sekitarnya.



Perhatikan contoh adat istiadat masyarakat Lampung berikut!


Kain Tapis, Kawai, dan Lawai Kurung

 

   Lampüng adalah salah satu provinsi di Pulau Sumatera bagian selatan. Wilayahnya Berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatra Selatan, Bengkulu, dan Selat Sunda. Masyarakat Lampung merupakan masyarakat yang berasal dari beragam suku di Indonesia. Hal ini karena Lampung adalah salah satu daerah tujuan transmigrasi.

   Kondisi masyarakat Lampung kekinian Yang heterogen 'tidak membuat provinsi ini kehilangan jati diri atau identitas kedaerahannya. Lampung memiliki beragam kebudayaan daerah yang masih bertahan sampai saat ini. Lampung juga memiliki masyarakat asli etnis Lampung yang dikenal' dengan Ulun Lampung (orang Lampung). Masyarakat suku ini mendiami seluruh wilayah Lampung, sebagian Sumatra Selatan, Bengkulu, bahkan Sampai Ke Pantai Cikoneng Banten. Masyarakat Ulun Lampung merupakan etnis asli Lampung Yang berasal dari Dataran Tinggi Sekala Brak yang merupakan puncak tertinggi di wilayahLampung. Beragam kebudayaan daerah asli Lampung pun merupakan kebudayaan asli dari suku ini.
   Masyarakat Ulun Lampung adalah penghasil berbagai kerajinan tradisional, salah satu yang paling populer adalah kain tapis Lampung. Kain tapis Lampung merupakan kain sarung yang terbuat dari tenunan benang kapas yang dihiasi dengan motif sulaman dari benang suji, benang perak, atau benang emas. Selain menjadi hasil kerajinan khas lampung, kain ini juga menjadi bahan dasar dari pakaian adat Lampung. Kain ini mencirikan kekhasan orang Lampung, sehingga selalu dipakai sebagai kelengkapan pakaian adat Lampung.


Kain tapis


   Pakaian adat Lampung terdiri atas beberapa komponen. Untuk para kaum lelaki pakaian terdiri atas ikat kepala (kikat) atau kopiah, kawai sebagai penutup badan yangterbuat dari bahan kain tetoron atau belacu berwarna terang tapi' sekarang sudah mengalami modifikasi menjadi berbentuk kemeja (kamija) yang disebut dengan, kawaikamija. Untuk menutupi bagian bawah dikenakan senjang, yaitu kain yang dibuat dari kain Samarinda, Bugis, atau Batik Jawa. Namun, sekarang lebih banyak digunakan celana (celanou) sebagai pengganti senjang, Untuk mempererat ikatan kain (senjang)dan celana di pinggang laki-laki digunakan bebet (ikat pinggang). Laki-laki Lampung Biasanya menggunakan selikap atau kain selendang yang dipakai untuk penahan panas atau dingin yang dililitkan di Leher. Kelengkapan busana ini biasa digunakan pada Saat Acara-acara resmi; seperti pernikahan dan acara adat, Sementara untuk sehari-hari para lelaki hanya menggunakan ikat kepala (kikat).




   Untuk pakaian adat tradisiönal kaum perempuan Lampung terdiri atas lawai kurung sebagai penutup badan yang berbentuk seperti baju kurung dan terbuat dari bahan tipis atau sutra di teÅi muka serta lengannya dihiasi rajutan renda halus. Untuk menutupi bagian bawah para wanita juga menggunakan senjang atau cawol, (kain tapis) serta stagen untuk mempererat ikatan. Kaum perempuan biasanya melengkapi penampilannya dengan menyanggul rambutnya (belatung buwok). Keunikan dari- sanggulini terdapat pada Cara Menyanggul rambut yang dilakukan dengan merajut benang hitam halus untuk melilit rambUt asli Yang disatukan dengan rambut tambahan kemudian ditusuk dengan bunga kawat ataukembang goyang. Sementara sebagai pakaian 'keseharian Perempuan Lampung hanya menggunakan kanduk/kakambut atau kudung Yang dililitkan di. kepala, bahannya terbuat dari kain sutra. Kain ini juga bisa digunakan untuk menggendong bayi.

   Setiap kebudayaan Yang ada dan berkembang di setiap daerah pasti memiliki nilai-nilai filosofis Yang terkandung didäiamnya, begitupun pakaian adat Lampung, Dalam pemakaian baju adat Lampung penggunaan kain tapis menjadi bagian paling penting yang tidak boleh terlewatkan. Hal ini adalah sebagai bentuk manifestasi keluhuran adat istiadat masyarakat Ulun Lampung Yang dicirikan dengan kain tapis sebagai bentuk kearifan lokal. Selain itu,kain tapis juga mengandung nilai filosofis yang kuat pada setiap motifnya. Secara umum,kain tapis menyimbolkan kesucian yang dapat melindungi pemakainya dari segala kotoran,Hal Iain Yang tergambar dari kesatuan motif kain tapis adalah Iambang dari kebesaranpencipta alam. Dalam setiap motif kain tapis selalu digambarkan keindahan alam semesta berupa flora atau fauna. Dengan begitu, para pemakainya dapat merenungi dan mengakui kebesaran Tuhan dalam menciptakan alam semesta ini. Tidak hanya kain tapis, komponen Lain dalam kelengkapan pakaian adat Lampung juga memiliki falsafah tersendiri. Seperti siger Yang Dipakai oleh pengantin perempuan di kepala yang melambangkan kehormatan dan kebesaran adat. Mahkota ini juga bermakna penghormatan terhadap harkat derajat kaum wanita. Dalam baju adat Lampung, perempuän dicitrakan sebagai sosok yang dihormati, lemah lembut, berkepribadian baik juga santun, dan hormat pada kaum laki-laki Begitupun laki-laki, karakter keperkasaan dan keberanian laki-laki juga tergambar dari kelengkapan busana laki-laki. Jiwa kepemimpinan laki-laki tergambar melalui penutup kepala yang melambangkan keteguhan dan kecerdasan dalam berpikir.



Siger

   Sampai saat ini, pakaian adat lampung masih digunakan oleh masyarakat lampung ataupun masyarakat pendatang dalam acara-acara sakral seperti resepsi pernikahan.Sebagian masyarakat Ulun Lampung juga menggunakannya dalam acara-acara adat yang digelar. Pakaian adat ini juga mengalami banyak modifikasi sesuai dengan perkembangan zaman. Hal ini tidak mengapa, asalkan pengembangan ataupun modifikasi tersebut tidak menghilangkan nilai-nilai sakral yang terkandung di dalam pakaian adat Lampung.




Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia KD 3.4 dan 4.4

Ajakan untuk hidup rukun dalam keragaman masyarakat Indonesia dapat dilakukan dengan membuat iklan: Iklan seperti itu disebut iklan layanan masyarakat. Iklan layanan masyarakat dapat ditampilkan dalam bentuk iklan media cetak. Berikut ciri-ciri iklan media cetak.

1. Iklan media cetak bisa dibaca atau dilihat kapan saja/berulang-ulang.
2. Iklan media cetak hanya ditangkap menggunakan indra penglihatan.
3. Iklan media cetak hanya menggunakan gambar diam dan tidak ada suara.
4. Penggunaan kalimat dalam media cetak terbatas hanya beberapa baris saja.
5. Iklan media cetak hanya menyajikan gambar dan tulisan saja.

Iklan layanan masyarakat



 Jawablah Pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan benar!

1. Jelaskan keunikan sanggul pada pakaian adat perempuan Lampung!

2. Jelaskan ciri-ciri iklan media cetak!

3. Jelaskan yang dimaksud kain tapis Lampung!

4. Sebutkan berbagai macam keragaman yang ada di Indonesia!

5. Bagaimana cara kita berinteraksi dengan alam!


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2

   Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia KD 3.2 dan 4.2    Gambar Cerita Gambar cerita adalah gambar yang menceritakan suatu adegan atau peristiwa. Fungsi dari gambar cerita adalah memperjelas alur atau isi cerita, memperjelas isi pesan dalam promosi suatu barang, menarik perhatian, menambah nilai artistik/keindahan dan sarana untuk mengungkapkan perasaan penggambarnya. Gambar cerita sering juga ditemukan dalam buku cerita, majalah, dan buku pelajaran. Poster dan brosur juga sering disertaígambar cerita agar menarik. Petunjuk cara penggunaan barang pun sering dilengkapi dengan gambar cerita untuk membantu pengguna menggunakannya. Fungsi gambar cerita, antara lain: 1. memperjelas alur atau isi cerita; 2. memperjelas isi pesan dalam promosi suatu barang; 3. menarik perhatian; 4. menambah nilai artistik/ keindahan; 5. sarana untuk mengungkapkan perasaan penggambarnya. Ciri-ciri gambar cerita sebagai berikut. 1. Memudahkan pembaca dalam memahami suatu penjelasan atau cerita. 2. Memberikan g

Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 3 ( 2 )

  Bahasa Indonesia KD 3.1 dan 4.1 Ide Pokok dalam Gambar Bercerita Gambar Bercerita Untuk menentukan ide pokok pada gambar cerita, kita harus memperhatikan gambar dengan teliti. Ketika kita mengamati gambar, kita dapat mengidentifikasi siapa tokoh dalam gambar tersebut, aktivitas apa yang dilakukan, dimana lokasi peristiwa dalam gambar tersebut, dan bagaimana pemandangan atau suasana gambar tersebut. Setelah mengamati kita dapat menentukan ide pokok gambar tersebut berdasarkan informasi penting yang telah kita identifikasi.    Langkah berikutnya adalah kita menulisnya dalam sebuah tabel mulai dari gambar pertama sampai dengan gambar terakhir. Menyajikan ide pokok juga dapat dalam bentuk diagram.  Tabel Ide Pokok Setelah ide pokok berhasil kita tentukan, kita dapat mengembangkannya menjadi sebuah cerita pendek. Langkah-langkah membuat cerita pendek dari gambar adalah sebagai berikut: Menentukan ide pokok. Membuat kalimat utama. Menjabarkan kalimat utama menggunakan beberapa

Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 2

 MATERI IPA KD 3.1 DAN 4.1 Simaklah Video Pembelajaran Berikut! Alat Gerak Manusia Tangan kita dapat bergerak karena terdapat tulang dan otot. Tulang dan otot manusia akan bekerja sama dalam melakukan pergerakan sehingga membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak. Alat gerak manusia dibedakan menjadi dua yaitu alat gerak pasif dan alat gerak aktif. 1. Alat Gerak Pasif Alat gerak pasif pada manusia adalah tulang. Kumpulan tulang-tulang manusia yang menjadi satu kesatuan membentuk tubuh disebut sistem rangka.  Fungsi rangka manusia adalah: Membentuk tubuh. Tempat melekatnya otot. Menopang dan menegakkan tubuh. Melindungi organ tubuh. Sebagai alat gerak. Berdasarkan bentuknya, tulang dibedakan menjadi 3. yaitu a. Tulang Pipa Tulang pipa bentuknya bulat, panjang, dan berongga. Contoh: tulang paha, tulang lengan atas, dan tulang jari tangan. b. Tulang Pipih Tulang pipih bentuknya pipih atau gepeng. Contoh: tulang belikat, tulang selangka, dan tulang rusuk. c. Tulang Pendek Tulang pend