Langsung ke konten utama

Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 3

 Materi Pembelajaran IPS KD 3.2 dan 4.2


Interaksi Sosial di Pasar


   Manusia memiliki kebutuhan dan kemampuan serta kebiasaan untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan manusia yang lain. Sejak lahir, bayi membutuhkan keberadaan orang lain, khususnya seorang ibu untuk mendapatkan ASI dan membesarkannya. Setelah Itu; seorang anak tumbuh besar dan berinteraksi dengan orang-orang di luar keluarganya,seperti teman dan guru. Hal tersebut menunjukkan ketergantungan manusia terhadap keberadaan orang lain.

   Salah satu tempat terjadinya interaksi sosial adalah pasar. Apakah di sekitarmu terdapat pasar? Pasar merupakan tempat disediakannya barang-barang kebutuhan kita.Pasar pada umumnya memiliki tempat untuk bertemunya penjual dan pembeli. Pasar Sangat banyak kegunaannya bagi manusia. Segala kebutuhan hampir semuanya dapat dibeli di pasar. Kebutuhan hidup, seperti makanan, pakaian, dan alat-alat rumah tangga pun dijual- di pasar. Oleh karena itu, untuk memperoleh barang, kita bisa melakukan pembelian di pasar.

   Sekarang ini beberapa pasar di wilayah Indonesia menjadi tempat tujuan wisata. Situasi pasar, perilaku orang-orang di pasar itu, barang atau benda yang dijual di pasar itu menggambarkan suatu budaya masyarakatnya. Pasar merupakan salah satu bentuk refleksi budaya bangsa Indonesia. Beberapa pasar yang menjadi tujuan wisata, diantaranya adalah Pasar Atas (Bukittinggi), Pasar Beringharjo (Yogyakarta), Pasar Klewer(Solo), Pasar Sokawati (Denpasar), dan Pasar Terapung (Banjarmasin).

 

Materi Pembelajaran PPKN KD 3.3 dan 4.3

   Di pasar terjadi keragaman kegiatan yang dilakukan oleh penjual dan pembeli. Salah Satu keragaman yang ada di pasar adalah keragaman pembeli dan penjual. Pembeli dan penjual di pasar tentu berasal dari daerah yang berbeda. Mereka berkumpul di pasar dengan satu tujuan yang sama, yaitu melakukan proses jual beli.
   Tahukah kamu di sekitar kita juga banyak keragaman. Keragaman apa yang ada di sekitar tempat tinggalmu? Indonesia adalah negara yang memiliki keragaman. Kemajemukan yang ada terdiri atas keragaman suku bangsa, budaya, agama, ras, dan bahasa.Adat istiadat, kesenian, kekerabatan, bahasa, dan bentuk fisik yang dimiliki oleh suku-sukubangsa yang ada di Indonesia memang berbeda, namun selain perbedaan suku-suku itüjuga memiliki persamaan, antara lain hukum, hak milik tanah, persekutuan, dan kehidupan sosialnya yang berasaskan kekeluargaan.


   Suku bangsa adalah golongan manusia yang terikat oleh kesadaran dan identitas akan kesatuan kebudayaan. Orang-orang yang tergolong dalam satu suku bangsatertentu, pastilah mempunyai kesadaran dan identitas diri terhadap kebudayaan sukubangsanya, misalnya dalam penggunaan bahasa daerah serta mencintai kesenian dan adat istiadat. 



Bacalah teks berikut dengan saksama!

Suku Asmat


   Papua adalah satu diantara pulau-pulau di Indonesia yang memiliki berbagai macam suku bangsa, salah satunya adalah suku Asmat. Suku Asmat dikenal dengan hasil ukiran kayunya yang ünik. Populasi suku Asmat terbagi dua, yaitu mereka yang tinggal di pesisir pantai dan mereka yang tinggal di bagian pedalaman. Kedua populasi ini saling berbeda satu sama lain dalam hal dialek, cara hidup, struktur sosial, dan ritual. Populasi pesisir pantai selanjutnya terbagi ke dalam dua bagian, yaitu suku-Bisman yang berada di antara Sungai Sinesty dan Sungai Nin, serta suku Simai.
   Daerah kebudayaan suku Asmat adalah daerah pegunungan di bagian selatan Papua. Suku bangsa Asmat terdiri atas Asmat Hilir dan Asmat Hulu. Asmat Hilir Bertempat tinggal di dataran rendah yang luas sepanjang pantai yang tertutup hutan rimbun, rawa, dan pohon sagu. Sedangkan suku Asmat Hulu bertempat tinggal di daerah berbukit-bukit dengan padang rumput yang luas. Suku Asmat menggunakan bahasa lokal, yaitu bahasa Asmat.
   Masyarakat suku Asmat beragama Katolik, Protestan, dan animisme yakni suatu ajaran dan praktik keseimbangan alam dan penyembahan kepada roh orang mati atau patung. Bagi suku Asmat, ulat sagu merupakan bagian penting dari ritual mereka. Setiap Ritual ini diadakan, dapat dipastikan kalau banyak sekali ulat yang dipergunakan.
   Adat istiadat suku Asmat mengakui dirinya sebagai anak dewa yang berasal dari dunia mistis atau gaib yang lokasinya berada di mana mentari tenggelam setiap sore hari. Mereka yakin bila nenek moyangnya pada zaman dulu melakukan pendaratan di bumi di daerah pegunungan. Selain itü orang suku Asmat juga percaya bila di wilayahnya terdapat tiga macam roh yang masing-masing mempunyai sifat baik, jahat,dan yang jahat namun mati.
   Suku ini percaya bahwa sebelum memasuki surga, arwah orang yang sudah meninggal akan mengganggu manusia. Gangguan bisa berupa penyakit, bencana,bahkan peperangan. Maka, demi, menyelamatkan manusia serta menebus arwah,mereka yang masih hidup membuat patung dan menggelar pesta, seperti peşta patung bis (Bioskokombi), peşta topeng, peşta perahu, dan peşta ulat-ulat sagu.


Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia KD 3.4 dan 4.4

   Pemerintah berupaya mengenalkan keragaman Indonesia kepada masyarakat dengan berbagai cara, salah satunya menggunakan iklan. Iklan dapat ditayangkan di media cetak maupun di media elektronik. Di media elektronik, 'iklan dapat disampaikan melalui televisi,radio, maupun internet. Apakah kamu pernah memperhatikan iklan yang ada di televisi?
Iklan televisi adalah iklan atau pesan yang disampaikan kepada khalayak umum dengan tujuan untuk mengenalkan, mengajak, dan membujuk agar khalayak umum ikut pada suatu ajakan tertentu yang dipasang atau dipublikasikan melalui alat media informasi audio visual satu arah atau televisi. Televisi merupakan media yang bisa memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pemirsa, karena televisi bisa menyajikan suara dan gambar yang bisa bergerak sesuai aslinya. Televisi memberikan peranan penting dalam sosialisasi. Televisi banyak digemari oleh masyarakat sebagai media hiburan serta media informasi. Kebanyakan jaringan dan stasiun televisi juga memberikan penawaran penjualan kepada pengiklan atau sponsor beberapa bagian waktu penyiarannya untukmembiayai jaringan siaran pada televisinya dalam bentuk pemasangan iklan.
   Bentuk iklan televisi tidak hanya berupa kelompok kata, klausa, dan kalimat, atau gabungan. dari ketiganya, namun juga bisa berupa gambar dan suara. Perpaduan gambar dan suara sekaligus teks bisa ditemukan pada iklan di televisi. Teks iklan di media elektronik, seperti televisi dan radio memiliki karakteristik berbeda dengan iklan serupa di media cetak. Televisi merupakan media yang menggunakan dua elemen sekaligus,yaitu audio dan visual.
  Sebagai media audiovisual, iklan di televisi menuntut estetika menyangkut indera pendengaran dan penglihatan. Karakteristik 'iklan di televisi adalah pesan produk dapat dikomunikasikan secara total dalam bentuk audio, visual, dan gerak. Iklan televisi berperan penting dalam membangun dan mengembangkan citra positif bagi suatu perusahaan dan produk yang dihasilkan.
   Untuk mengetahui apakah iklan suatu produk sesuai dengan keinginan atau dapat menarik perhatian masyarakat, maka diperlukan elemen-elemen iklan, yakni heard words (kata-kata yang terdengar dalam iklan); musik (musik yang terdapat dalam tayangan iklan); seen words(kata-kata yang terlihat pada tayangan iklan); picture (gambar atau tayangan iklan); colour(komposisi atau keserasian warna gambar serta pengaturan cahaya yang terdapat dalam tampilan tayangan iklan); movement (gerakan yang terlihat pada tayangan iklan).

Tugas

Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan Benar!
1. Apa yang kamu ketahui tentang pasar?

2. Apa yang dimaksud dengan suku bangsa?

3. Dimana suku Asmat Hulu bertempat tinggal?

4. Jelaskan elemen heard words pada iklan elektronilk!

5. Sebutkan nama-nama pasar yang ada di Indonesia yang menjadi tujuan wisata!

 

 

 

 

 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2

   Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia KD 3.2 dan 4.2    Gambar Cerita Gambar cerita adalah gambar yang menceritakan suatu adegan atau peristiwa. Fungsi dari gambar cerita adalah memperjelas alur atau isi cerita, memperjelas isi pesan dalam promosi suatu barang, menarik perhatian, menambah nilai artistik/keindahan dan sarana untuk mengungkapkan perasaan penggambarnya. Gambar cerita sering juga ditemukan dalam buku cerita, majalah, dan buku pelajaran. Poster dan brosur juga sering disertaígambar cerita agar menarik. Petunjuk cara penggunaan barang pun sering dilengkapi dengan gambar cerita untuk membantu pengguna menggunakannya. Fungsi gambar cerita, antara lain: 1. memperjelas alur atau isi cerita; 2. memperjelas isi pesan dalam promosi suatu barang; 3. menarik perhatian; 4. menambah nilai artistik/ keindahan; 5. sarana untuk mengungkapkan perasaan penggambarnya. Ciri-ciri gambar cerita sebagai berikut. 1. Memudahkan pembaca dalam memahami suatu penjelasan atau cerita. 2. Memberikan g

Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 3 ( 2 )

  Bahasa Indonesia KD 3.1 dan 4.1 Ide Pokok dalam Gambar Bercerita Gambar Bercerita Untuk menentukan ide pokok pada gambar cerita, kita harus memperhatikan gambar dengan teliti. Ketika kita mengamati gambar, kita dapat mengidentifikasi siapa tokoh dalam gambar tersebut, aktivitas apa yang dilakukan, dimana lokasi peristiwa dalam gambar tersebut, dan bagaimana pemandangan atau suasana gambar tersebut. Setelah mengamati kita dapat menentukan ide pokok gambar tersebut berdasarkan informasi penting yang telah kita identifikasi.    Langkah berikutnya adalah kita menulisnya dalam sebuah tabel mulai dari gambar pertama sampai dengan gambar terakhir. Menyajikan ide pokok juga dapat dalam bentuk diagram.  Tabel Ide Pokok Setelah ide pokok berhasil kita tentukan, kita dapat mengembangkannya menjadi sebuah cerita pendek. Langkah-langkah membuat cerita pendek dari gambar adalah sebagai berikut: Menentukan ide pokok. Membuat kalimat utama. Menjabarkan kalimat utama menggunakan beberapa

Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 2

 MATERI IPA KD 3.1 DAN 4.1 Simaklah Video Pembelajaran Berikut! Alat Gerak Manusia Tangan kita dapat bergerak karena terdapat tulang dan otot. Tulang dan otot manusia akan bekerja sama dalam melakukan pergerakan sehingga membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak. Alat gerak manusia dibedakan menjadi dua yaitu alat gerak pasif dan alat gerak aktif. 1. Alat Gerak Pasif Alat gerak pasif pada manusia adalah tulang. Kumpulan tulang-tulang manusia yang menjadi satu kesatuan membentuk tubuh disebut sistem rangka.  Fungsi rangka manusia adalah: Membentuk tubuh. Tempat melekatnya otot. Menopang dan menegakkan tubuh. Melindungi organ tubuh. Sebagai alat gerak. Berdasarkan bentuknya, tulang dibedakan menjadi 3. yaitu a. Tulang Pipa Tulang pipa bentuknya bulat, panjang, dan berongga. Contoh: tulang paha, tulang lengan atas, dan tulang jari tangan. b. Tulang Pipih Tulang pipih bentuknya pipih atau gepeng. Contoh: tulang belikat, tulang selangka, dan tulang rusuk. c. Tulang Pendek Tulang pend