Langsung ke konten utama

Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 2

 Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia KD 3.4 dan 4.4

Unsur-Unsur Iklan


Salah satu bentuk komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan informasi secara menarik, yaitu iklan. Iklan dibuat dengan tujuan untuk mempengaruhi khalayak atau masyarakat luas. Saat ini iklan menjadi salah satu media yang sangat ampuh untuk menyampaikan gagasan, produk, atau jasa..Setiap hari kita menyaksikan iklan baik yang ditayangkan di televisi, radio, maupun media massa.
Iklan adalah sebuah ajakan atau bujukan yang ditujukan kepada para pembaca, pendengar, maupun penonton yang menerima informasi tersebut untuk memakai atau menggunakan, segala macam hal yang ditawarkan dari pembuat tawaran atau si pengiklan.
Bahasa iklan harus menarik dan mudah diingat oleh masyarakat. Iklan juga tidak boleh menghina produk sejenis atau produk lain. Iklan juga tidak boleh berbohong, jadi harus apa adanya. Dalam sebuah iklan selain gambar pendukung, juga ada kata kunci. Kata kunci dan gambar pendukung memudahkan kita memahami iklan tersebut.


Materi Pembelajaran IPA KD 3.3 dan 4.3

Pencernaan Manusia


Alat Yang digunakan untuk mencerna makanan disebut alat pencernaan- Fungsi alat pencernaan makanan sebagai berikut:

1. Menghancurkan makanan menjadi bentuk yang halus.
2. Menyerap zat-zat makanan Yang larut, sehingga masuk ke dalam darah
3. Mengeluarkan komponen makanan dari tubuh apabila ada zat-zat yang tidak dapat dicerna.

Alat-alat pencernaan adalah organ tubuh yang berfungsi dalam proses pencernaan. Alat-alat pencernaan tersebut terdiri atas saturan pencemaan dan kelenjar pencernaan yang menghasilkan enzim-enzim pencernaan.



Saluran pencernaan pada manusia, meliputi rongga mulut, kerongkongan, Iambung,usus halus, dan usUs besar. Setelah masuk ke dalam mulut. makanan akan dicerna sepanjang saluran makanan. Makanan yang sudah tidak dapat tercerna akan dibuang luar tubuh dalam bentuk tinja (feses).

1. Rongga Mulut
Rongga mulut merupakan awal dari salutan pencemaan. Di dalamnya terdapat alat-alat dan kelenjar pencernaan. seperti lidah, dan kelenjar ludah.

a. Lidah
Lidah berfungsi untuk mengatur makanan pada waktu mengunyah dan mendorong makanan masuk ke dalam kerongkongan, Seiain itu lidah juga berfungsi sebagai indra pengecap rasa (manis, asine, pahit, masam, dan pedas) serta peka terhadap panas, dingin. dan tekanan.

b. Gigi

 Berdasarkan fungsinya, gigi dibedakan menjadi tiga, yaitu:
1) gigi seri yang berfungsi untuk memotong makanan,
2) gigi taring yang berfungsi untuk merobek makanan„ dan
3) gigi geraham yang berfungsi untuk menggilas dan mengunyah makanan.

 


Gigi mulai tumbuh pada bayi yang berusia kira-kira 6-7 bulan sampai 26 bulan, Gigi pada anak-anak disebut gigi susu / gigi sulung. Setelah anak berusia 6—14 tahun, gigi susu satu per satu tanggal dan digantikan gigi tetap.Pada mulut terdapat ludah yang dikeluarkan Oleh kelenjar ludah. Kelenjar Ludah terdapat di bawah lidah dan di bawah telinga.Air tudah mengandung enzim ptialin atau amilase Yang berfungsi memecah secara kirniawi menjadi  maltosa.

2.Kerongkongan
Kerongkongan (esofagus) merupakan saluran makanan dari mulut menuju lambung. Panjang kerongkongan kira-kira 20 cm- Kerongkongan dapat melakukan gerakan meremas-remas guna mendorong makanan masuk ke Lambung. Gerak demikian disebut gerak peristaltik Di kerongkongan tidak terjadi proses pencernaan.

3.Lambung
Lambung (ventrikulus) berbentuk seperti kantong- Lambung terletak di dalam rongga perut agak ke Sebelah kiri, tepat di bawah sekat rongga badan (diafragma), Di dalam Iambungi makanan mengalami proses pencernaan.



Dinding Iambung yang penuh dengan otot-otot, berkontraksi mengaduk-aduk makanan. Selain itu, dinding Iambung mengeluarkan getah yang dikenal dengan getah Iambung yang mengandung pepsin, renin, lipase, dan asam klorida. Pepsin Berfungsi memecah protein. Renin berfungsi memecah protein susu. Lipase berfungsi mencerna lemak. Asam klorida berfungsi mematikan mikroorganisme yang masuk bersama makanan. Kemudian, makanan sedikit derni sedikit didorong menuju ke dalam usus halus, Pengosongan Iambung berlangsung antara 2—3 jam.

4. Usus Halus
Usus halus (intestinum) merupakan saluran pencernaan terpanjang. Usus halus terdiri atas tiga bagian, yaitu usus dua belas jari (duodenum), usus kosong (jejunum),dan usus penyerapan (ileum). Bagian pertama dari usus halus adalah usus duabelas jari. Di dalam usus ini terdapat saluran yang berasal dari kantong empedu dan pankreas. Empedu menghasilkan garam empedu yang berperan membantu mencerna lemak. Pankreas menghasilkan enzim makanan, yaitu enzim tripsin yang berfungsi memecah protein menjadi asam-asam amino serta enzim lipase yang berfungsi mencerna lemak menjadi asam lemak dan gliserol.
Di dalam usus dua belas jari, makanan berubah bentuk menjadi seperti bubur yang lumat dan encer. Usus kosong merupakan kelanjutan dari usus dua belas jari. Disebut usus kosong karena usus ini tidak menghasilkan enzim. Pencernaan secara enzimatis masih dilakukan di dalam usus kosong sebagai kelanjutan dari pencernaan didalam usus dua belas jari.
Usus penyerapan panjangnya antara 0,75 m sampai dengan 3,5 m. Di dalam usus penyerapan terjadi proses penyerapan sari-sari makanan. Permukaan dinding dalam usus penyerapan berjonjot sehingga sari-sari makanan terserap dengan baik.Hasil akhir pencernaan berupa glukosa, fruktosa, galaktosa, asam lemak, gliserol, dan asam-asam amino. Vitamin dan mineral tidak dicerna, baik secara mekanik maupun kimiawi/enzimatis. Glukosa, fruktosa, galaktosa, gliserol, vitamin, mineral, dan asam amino diserap oleh darah. Selanjutnya, zat-zat tersebut diedarkan ke seluruh tubuh.Asam lemak diserap oleh getah bening. Pembuluh getah bening bermuara juga pada pembuluh darah.



5. Usus Besar
Penamaan usus besar atau kolon karena usus ini berukuran besar. Sisa-sisa pencernaan dari usus halus akan dilepaskan ke usus besar. Usus besar memiliki tambahan usus yang disebut usus buntu (sekum).Pada ujung usus buntu terdapat usus tambahan Yang disebut umbai cacing(apendiks). Bila terjadi peradangan pada usus buntu (disebut apendisitis), biasanya apendiks tersebut akan dipotong. Fungsi utama usus besar adalah mengatur kadar air dalam sisa pencernaan. Bila berlebihan, maka air dalam sisa pencernaan tersebut akan diserap oleh usus besar, Demikian pula sebaliknya.Di dalam usus besar terdapat bakteri koli (Escherichia coli) yang berperan membusukkan sisa pencernaan menjadi kotoran. Dengan demikian, kotoran menjadi lunak dan mudah dikeluarkan. Bagian akhir dari usus besar Yang panjangnya kira-kira 15 cm adalah rektum atau lubang pelepasan, Rektum bermuara pada anus. Proses Pengeluaran kotoran disebut defekasi.


Materi SBDP KD 3.2 dan 4.2


Tangga Nada Mayor dan Minor

Menjaga kesehatan alat pencernaan adalah tugas semua orang. Cara yang dapat dilakukan salah satunya dengan makan makanan bergizi. Makanan bergizi apa yang sudah kamu makan hari ini?

Untuk dapat mengetahui tentang makanan bergizi, kamu dapat menghafalkan dengan cara menyanyikan lagu. Pada lagu terdapat tangga nada. Tangga nada adalah sekumpulan nada yang frekuensi getarnya berbeda satu sama lain dengan jarak tinggi rendah teratur dan tersusun secara urut dalam satu oktaf (frekuensi getarnya dua kali lipat oktaf di bawahnya). Jarak antarnada yang tinggi rendahnya berbeda dalam satu sistem tangga nada disebut interval. Tangga nada dibagi menjadi dua jenis, yaitu tangga nada pentatonis dan tangga nada diatonis.

Tangga nada pentatonis adalah jenis tangga nada yang hanya memakai lima nada pokok. Berdasarkan nadanya, tangga nada pentatonis dibagi menjadi dua, yaitu tangga nada yang menggunakan pelog dan tangga nada yang menggunakan slendro.

Tangga nada diatonis adalah tangga nada yang mempunyai dua jarak tangga nada,yaitu satu dan setengah. Nada-nada pada piano dan organ termasuk sistem diatonis.Tangga nada diatonis ada dua macam, yaitu tangga nada diatonis mayor dan tangga nada diatonis minor. Tangga nada diatonis mayor adalah tangga nada diatonis yang susunan nada-nadanya berjarak 1-1-½-1-1-1-½. Tangga nada diatonis minor adalah tangga nada diatonis yang susunan nada-nadanya berjarak 1-½-1-1-½-1-1.

Coba nyanyikan lagu berikut!



Mars Hidup Sehat
Tiada yang lebih berharga dari nikmat hidup sehat
Sehat jasmani sehat rohani
Kunci hidup bahagia
Meski kaya, terhormat, mulia
Tapi pasti menderita
Jika penyakit musuh utama selalu menggoda
Bina hidup sehat diri dan keluarga
Bina lingkungan, masyarakat sentosa
Hidup sehat modal utama bagi pembangunan semesta
Sehat sejahtera makmur merata berdasarkan Pancasila

 

Tugas

Kerjakan Latihan Soal berikut!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2

   Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia KD 3.2 dan 4.2    Gambar Cerita Gambar cerita adalah gambar yang menceritakan suatu adegan atau peristiwa. Fungsi dari gambar cerita adalah memperjelas alur atau isi cerita, memperjelas isi pesan dalam promosi suatu barang, menarik perhatian, menambah nilai artistik/keindahan dan sarana untuk mengungkapkan perasaan penggambarnya. Gambar cerita sering juga ditemukan dalam buku cerita, majalah, dan buku pelajaran. Poster dan brosur juga sering disertaígambar cerita agar menarik. Petunjuk cara penggunaan barang pun sering dilengkapi dengan gambar cerita untuk membantu pengguna menggunakannya. Fungsi gambar cerita, antara lain: 1. memperjelas alur atau isi cerita; 2. memperjelas isi pesan dalam promosi suatu barang; 3. menarik perhatian; 4. menambah nilai artistik/ keindahan; 5. sarana untuk mengungkapkan perasaan penggambarnya. Ciri-ciri gambar cerita sebagai berikut. 1. Memudahkan pembaca dalam memahami suatu penjelasan atau cerita. 2. Memberikan g

Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 3 ( 2 )

  Bahasa Indonesia KD 3.1 dan 4.1 Ide Pokok dalam Gambar Bercerita Gambar Bercerita Untuk menentukan ide pokok pada gambar cerita, kita harus memperhatikan gambar dengan teliti. Ketika kita mengamati gambar, kita dapat mengidentifikasi siapa tokoh dalam gambar tersebut, aktivitas apa yang dilakukan, dimana lokasi peristiwa dalam gambar tersebut, dan bagaimana pemandangan atau suasana gambar tersebut. Setelah mengamati kita dapat menentukan ide pokok gambar tersebut berdasarkan informasi penting yang telah kita identifikasi.    Langkah berikutnya adalah kita menulisnya dalam sebuah tabel mulai dari gambar pertama sampai dengan gambar terakhir. Menyajikan ide pokok juga dapat dalam bentuk diagram.  Tabel Ide Pokok Setelah ide pokok berhasil kita tentukan, kita dapat mengembangkannya menjadi sebuah cerita pendek. Langkah-langkah membuat cerita pendek dari gambar adalah sebagai berikut: Menentukan ide pokok. Membuat kalimat utama. Menjabarkan kalimat utama menggunakan beberapa

Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 2

 MATERI IPA KD 3.1 DAN 4.1 Simaklah Video Pembelajaran Berikut! Alat Gerak Manusia Tangan kita dapat bergerak karena terdapat tulang dan otot. Tulang dan otot manusia akan bekerja sama dalam melakukan pergerakan sehingga membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak. Alat gerak manusia dibedakan menjadi dua yaitu alat gerak pasif dan alat gerak aktif. 1. Alat Gerak Pasif Alat gerak pasif pada manusia adalah tulang. Kumpulan tulang-tulang manusia yang menjadi satu kesatuan membentuk tubuh disebut sistem rangka.  Fungsi rangka manusia adalah: Membentuk tubuh. Tempat melekatnya otot. Menopang dan menegakkan tubuh. Melindungi organ tubuh. Sebagai alat gerak. Berdasarkan bentuknya, tulang dibedakan menjadi 3. yaitu a. Tulang Pipa Tulang pipa bentuknya bulat, panjang, dan berongga. Contoh: tulang paha, tulang lengan atas, dan tulang jari tangan. b. Tulang Pipih Tulang pipih bentuknya pipih atau gepeng. Contoh: tulang belikat, tulang selangka, dan tulang rusuk. c. Tulang Pendek Tulang pend